Mozilla Resmi Umumkan Kehadiran Firefox Lite

    Lufthi Anggraeni - 27 November 2019 19:29 WIB
    Mozilla Resmi Umumkan Kehadiran Firefox Lite
    Mozilla resmi mengumumkan versi terbaru dari aplikasi peramban versi lebih ringan karyanya, Firefox Lite.
    Jakarta: Mozilla bukanlah nama asing bagi pengguna peramban di dunia, tak terkecuali Indonesia. Namun di pasar Indonesia, persaingan antar perusahaan penyedia layanan peramban kian ketat.
     
    Hal ini tidak menjadikan Mozilla gentar untuk secara resmi mengumumkan versi terbaru dari aplikasi peramban versi lebih ringan karyanya, Firefox Lite. Tidak hanya sekadar peramban, versi terbaru ini dilengkapi dengan sejumlah fitur baru yaitu fitur belanja, game dan berita.
     
    “Pengguna menggunakan browser untuk mencari berita dan hiburan, jadi kami ingin memberikan pengalaman lebih baik dan lebih mudah pada browser kami, setelah mendengar keinginan dari pengguna,” ujar VP and General Manager of Emerging Markets Mozilla Stan Leong.
     
    Fitur belanja Firefox Lite mengusung nama Smart Shopping, berkemampuan menampilkan harga dari berbagai ecommerce di tanah air, sehingga pengguna dapat dengan lebih mudah untuk membandingkan harga dari produk yang dicarinya.
     
    Tidak hanya harga, Smart Shopping juga memungkinkan pengguna untuk membandingkan spesifikasi produk serta mencari penawaran promosi terbaik untuk produk tersebut. Namun, Leong menyebut Smart Shopping hanya bertugas untuk menampilkan informasi.
     
    Sehingga fitur ini belum memiliki kemampuan untuk melakukan transaksi, dan proses transaksi tetap terjadi di situs ecommerce yang dipilih pengguna, meski di masa mendatang, Mozilla mengaku perusahaannya tidak menutup diri untuk peluang ini.
     
    Untuk fitur berita, Leong mengklaim bahwa Firefox Lite kini berkemampuan untuk menampilkan informasi terbaru. Seluruh informasi yang ditampilkan di platform Mozilla ini, jelas Leong, dihimpun dari berbagai media terpercaya di Indonesia.
     
    Kehadiran fitur berita ini merupakan jawaban Mozilla atas gaya hidup masyarakat yang kian mobile, dan tidak jarang menyebabkan mereka terjebak di kemacetan atau menunggu dalam waktu tidak sebentar.
     
    Dengan fitur ini, Leong menyebut ingin menemani pengguna yang menghadapi kondisi tersebut, dan tetap mendapatkan informasi terbaru. Untuk fitur ini, Mozilla telah menggandeng sejumlah media, salah satunya adalah Wikimedia.
     
    Selain itu, tingkat mobilitas tinggi juga mendorong pengguna untuk menghabiskan waktu mereka dalam perjalanan dengan memainkan game. Karenanya, Firefox Lite kini didukung fitur game, memungkinkan pengguna memainkan game tanpa perlu mengunduh dan melakukan instalasi game di perangkat.
     
    Fitur ini, jelas Leong, kini telah didukung oleh 103 judul game yang dapat dimainkan secara langsung di peramban. Pengguna dapat menandai dan menyematkannya pada bagian Pin di peramban, sehingga tidak perlu mencari ulang game saat ingin memainkannya kembali.
     
    Leong menyebut, satu fitur lain yang akan segera dihadirkan Mozilla pada adalah fitur Travel, guna mendukung pengalaman menjelajah dunia nyata yang menyenangkan. Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan riset soal lokasi berlibur dan penginapan, serta dapat disesuaikan dengan anggaran.
     
    Telah tersedia untuk diunduh di Google Play Store, Mozilla mengaku memiliki rencana meluncurkan aplikasi untuk perangkat iOS. Rencana ini, jelas Leong, didorong oleh pertumbuhan perangkat iOS di Asia Tenggara. Namun, Mozilla mengaku belum memiliki tanggal peluncuran resmi Firefox Lite versi iOS ini.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id