Solusi Kognitif, Salah Satu Fokus IBM di 2017

    Lufthi Anggraeni - 07 Maret 2017 16:29 WIB
    Solusi Kognitif, Salah Satu Fokus IBM di 2017
    IBM fokuskan pada solusi kognitif selama tahun 2017.
    medcom.id, Jakarta: IBM mengumumkan solusi kognitif sebagai salah satu fokus utamanya pada tahun 2017 ini. Solusi yang dinilai sesuai dengan pertumbuhan data dan kini menjadi sumber daya terpenting di dunia ini disampaikan IBM hari ini, Selasa (7/2/17), di Intercontinental.

    Salah satu fungsi dari solusi ini disebut IBM dapat membantu pengguna mengolah dan menganalisa dark data. IBM mencatat sebanyak 80 persen data yang beredar di internet merupakan dark data atau data tidak berstruktur, yang hadir dalam bentuk tulisan, video, maupun gambar.

    Indonesia juga menjadi pasar penting terkait dengan pertumbuhan data di dunia, akibat jumlah pengguna internet yang tergolong tinggi. IBM menilai solusi kognitif melalui Watson ini dapat menawarkan pendekatan yang lebih terpersonalisasi, sehingga dapat menghadirkan manfaat sesuai kebutuhan penggunanya. Namun, pemanfaatan teknologi ini di Indonesia juga tidak lepas dari tantangan.

    "Tantangan terbesar di Indonesia adalah keberagamannya. Orang Indonesia juga belum sadar terkait pentingnya data. Kalaupun ada yang sudah sadar dan memanfaatkan data, adaptasinya masih kurang cepat. Selain itu, kondisi geografis dan tingkah laku ekonomi juga menjadi tantangan," ujar Country Manager Hardware IBM Indonesia, Al Novam Basukiwijaya.

    IBM Watson didukung oleh kemampuan untuk memahami data dalam jumlah besar, termasuk data yang dianggap sebagai dark data. Pemanfaatan kemampuan Watson dalam memahami data ini diklaim IBM dapat membantu perusahaan dan organisasi secara maksimal dalam mencari solusi yang efektif.

    Selain itu, solusi ini juga diklaim IBM sesuai untuk negara berkembang yang tengah mengalami proses transformasi digital di berbagai bidang. Sementara itu secara internasional, IBM Watson telah digunakan di 29 industri di 36 negara.

    Di Indonesia, IBM menyebut telah bekerja sama dengan layanan O2 Medicare, dalam tahap pengembangan infrastruktur dan kegiatan marketing guna mengimplementasikan solusi kognitif di bidang healthcare.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id