BSSN dan Huawei Gelar Lokakarya Honeynet Project di Bali

    Lufthi Anggraeni - 23 Januari 2021 14:34 WIB
    BSSN dan Huawei Gelar Lokakarya Honeynet Project di Bali
    BSSN dan Huawei menggelar lokakarya bertema Peran Honeynet pada SPBE.
    Jakarta: Badan Sandi dan SIber Negara (BSSN) berkolaborasi dengan Huawei Indonesia menggelar lokakarya, mengusung tema Peran Honeynet Pada Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

    Digelar di Bali, lokakarya ini merupakan bagian dari Honeynet Project, program BSSN untuk memperkuat ketahanan nasional, serta untuk meningkatkan kapabilitas aparat Pemda di bidang keamanan siber.

    Lokarkarya ini membahas data hasil pemantauan layanan Honeynet BSSN sepanjang tahun 2020 di 71 titik yang meliputi sektor Pemerintah, IIKN dan akademik. Berdasarkan data tersebut, telah terjadi 246.432.010 serangan siber dan 190.599 serangan malware.

    “Faktor keamanan informasi adalah salah satu fokus penting dalam penyelenggaraan SPBE. Standar keamanan SPBE meliputi standar keamanan Aplikasi, Pusat Data Nasional, Data & Informasi, Sistem Penghubung Layanan dan Keamanan Jaringan,” ujar Deputi I Bidang Identifikasi Dan Deteksi BSSN Irjen Pol. Dono Indarto, S.I.K., M.H.

    Karenanya, untuk menjamin keberlangsungan pelaksanaan SPBE dan optimalisasi keamanannya, BSSN dan Huawei sepakat bahwa diperlukan kemampuan mengelola keamanan informasi untuk meminimalkan dampak risiko keamanan informasi seperti yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018. 

    Irjen Pol. Dono Indarto menjelaskan bahwa faktor keamanan ini yang mendasari komitmen kuat BSSN dalam terus berupaya meningkatkan kualitas SDM siber di lingkungan pemerintah, baik pusat maupun daerah, guna memperkecil kemungkinan gangguan keamanan informasi pada penyelenggaraan SPBE.

    Sementara itu, Vice President Public Affairs and Communications Huawei Indonesia Ken Qi kebutuhan akan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE merupakan keniscayaan di era yang serba terkoneksi secara digital, memiliki peran strategis dan krusial.

    SPBE juga dinilai perlu mendapatkan dukungan yang kuat dan penuh komitmen baik dari sisi infrastruktur, keamanan, maupun kompetensi SDM. Sebagai informasi, Honeynet Project merupakan bagian dari upaya BSSN dalam menjaga keamanan nasional melalui pendeteksian serangan siber.

    Honeynet merupakan sistem yang didesain khusus untuk mengetahui, merekam berbagai pola dan jenis aktivitas serangan siber yang kemudian digunakan sebagai bahan dasar analisis lanjutan upaya pengelolaan serangan siber.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id