Bertemu Semua Operator Seluler, Menkominfo Bahas Pemerataan 4G

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 November 2020 17:47 WIB
    Bertemu Semua Operator Seluler, Menkominfo Bahas Pemerataan 4G
    Menkominfo Johnny G. Plate.
    Jakarta: Siang tadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate bertemu dengan perwakilan dari seluruh operator seluler di Indonesia. Mereka membahas beberapa agenda terkait pengembangan layanan telekomunikasi dan industrinya.

    Pemerataan layanan 4G masih jadi topik utama, Kementerian Kominfo sendiri menjanjikan seluruh Indonesia akan dijangkau layanan 4G pada tahun 2022 mendatang yang mencakup wilayah kelurahan hingga desa.

    "Hari ini agenda pertemuan yang telah berlangsung sejak pagi membahas evaluasi perjalanan 10 tahun industri telekomunikasi. Pertemuan juga membahas pembangunan infrastruktur TIK (4G) oleh Kementerian Kominfo dan operator seluler di 12.548 desa dan kelurahan sampai dengan tahun 2022," jelas Menkominfo Johnny.

    "Ini tujuannya satu adalah untuk memperkecil disparitas infrastruktur antarwilayah dan pemanfaatan kecepatan internet yang lebih merata untuk seluruh wilayah Tanah Air," tegasnya.

    Pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan Kementerian Kominfo didukung operator seluler adalah untuk menyediakan akses sinyal 4G di 12.548 desa atau kelurahan. Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo masih akan ikut berperan.

    "Kami juga mendiskusikan bagaimana menyelesaikan penggelaran agar tersedia sinyal 4G di 12.548 seluruh desa dan kelurahan. BAKTI Kominfo akan menyelesaikan pembangunan 9.113 desa dan kelurahan," ungkapnya.

    9.113 desa dan kelurahan ini merupakan wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) yang dinilai dari sisi bisnis operator seluler tidak profitable sehingga pembangunan infrastruktur dilakukan oleh BAKTI tapi lewat dana kontibusi KPU/USO para operator seluler.

    Semuanya akan dikerjakan bertahap, Menkominfo Johnny menyatakan tahun 2020 dibangun akses telekomunikasi di 1.200 desa dan kelurahan. Tahun 2021 di 4.200 desa dan kelurahan. Dan tahun 2022 3.704 desa dan kelurahan.

    Di saat yang sama, operator seluler akan menggarap akses sinyal 4G di 3.435 desa atau kelurahan wilayah non-3T. "Dengan demikian kita bersama-sama harapkan Kominfo dan operator seluler akan menghadirkan sinyal 4G di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia pada tahun 2022 nanti," ujar Menkominfo.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id