comscore

Apa Bedanya Layar Smartphone dengan Refresh Rate 60Hz dan 120Hz?

Lufthi Anggraeni - 07 April 2020 10:11 WIB
Apa Bedanya Layar Smartphone dengan Refresh Rate 60Hz dan 120Hz?
Berikut perbedaan antara layar dengan refresh rate 60Hz dan 120Hz.
Jakarta: Dengan meningkatnya permintaan konsumen akan fitur yang tersemat pada smartphone, seluruh produsen smartphone pun berlomba menghadirkan teknologi terbaik pada produk karyanya, mendorong persaingan inovasi di ranah smartphone semakin ketat.

Salah satu inovasi yang mengalami persaingan ketat terjadi di ranah layar pendukung smartphone. Jika sebelumnya produsen smartphone berlomba menghadirkan layar dengan ukuran lebih besar, inovasi layar terus berkembang terkait dengan ketebalan bezel hingga kini, merambah ke besaran frame rate.
Inovasi ini juga didorong oleh peningkatan pemanfaatan smartphone sebagai alat untuk menikmati game, baik game yang diunduh maupun game online. Sebagai pengingat, frame rate layar menjadi salah satu hal penting untuk dapat menikmati pengalaman bermain game yang menyenangkan.

Sebelumnya, sebagian besar layar smartphone mengusung frame rate 60Hz, kemudian smartphone high-end mulai hadir dengan 90Hz dan kini mengusung 120Hz. Sebagai informasi, refresh rate merupakan faktor pengukuran seberapa cepat dan sering konten di layar melakukan refresh.

Pengukuran dilakukan dalam Hertz. Namun, apa perbedaan antara 60Hz, 90Hz, dan 120Hz? Layar dengan refresh rate 60Hz melakukan refresh sebanyak 60 kali per detik.

Sedangkan layar dengan refresh rate 90Hz melakukan refresh sebanyak 90 kali per detik, dan layar 120Hz melakukan refresh rate 120 kali per detik. Dengan demikian, layar 120Hz melakukan refresh dua kali lebih cepat dari panel layar 60Hz.

Update lebih cepat ini juga berarti latensi akan lebih rendah, karena piksel di refresh dengan frekuensi lebih sering. Sebagai contoh, butuh waktu selama 16,6 milidetik untuk melakukan refresh secara keseluruhan pada layar 60Hz, dan selama 8,3 milidetik untuk layar 120Hz.

Refresh rate bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi latensi layar, namun merupakan kontributor terbesar. Semakin tinggi refresh rate layar akan menjadikan pergerakan konten pada layar tampil lebih mulus dan lancar.

Saat ini, jumlah smartphone berlayar dengan refresh rate 120Hz masih terbatas, namun lini Samsung Galaxy S20 menjadi perangkat yang mendukung layar dengan refresh rate tertinggi saat ini. Hal ini tidak mengejutkan, mengingat lini Galaxy S20 merupakan perangkat unggulan terbaru Samsung.

Dengan demikian, perangkat ini menjanjikan pengalaman menikmati konten multimedia, baik konten film atau video, maupun game dengan tampilan mulus tanpa gangguan lag.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id