Bos Xbox Jelaskan Konsol PS5 Punya Ukuran Jumbo

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Agustus 2020 11:32 WIB
    Bos Xbox Jelaskan Konsol PS5 Punya Ukuran Jumbo
    Sony PS5 dan Microsoft Xbox Series X.
    Jakarta: Foto dari bentuk fisik konsol Sony PS5 sempat beredar di internet dan menunjukan bahwa ukuran perangkat ini jauh lebih besar dibandingkan pendahulunya. Kondisi ini sebetulnya juga ditemukan pada kompetitornya yaitu Xbox Series X.

    Di sebuah sesi wawancara bos Microsoft Xbox Phil Spencer berusaha menjawab pertanyaan mengenai kompetitornya dengan bijak. Dia menyebutkan bahwa penyebab desain tersebut tidak lain adalah karena spesifikasi.

    Dikutip dari Venture Beat, Spencer menjelaskan bahwa baik Microsoft maupun Sony menghadapi permasalahan yang sama. Spesifikasi dengan performa yang meningkat juga berkontribusi terhadap efek panas. Di teknologi, suhu panas punya dampak negatif terhadap performa dan usia perangkat.

    Suhu panas bisa membuat komponen mengalami tekanan yang berakibat performa yang seharusnya stabil justru mengalami penurunan. Namun menurut Spencer teknisi di Sony dan Microsoft punya cara yang berbeda dalam mengatasinya lewat sistem pendingin.

    "Kami ingin membuat konsol yang senyap , jadi kami fokus ke suara bising yang dihasilkan. Kami mendesainnya untuk bisa menghasilkan udara sangat banyak dengan kipas berukuran besar tapi yang cukup berputar pelan," ujar Spencer.

    Spencer tidak mengetahui cara yang yang diambil oleh teknisi Sony namun dia berspekulasi PS5 menghadapi problem yang sama terutama terkai performanya. PS5 diklaim punya kemampuan GPU lebih hebat dari Xbox Series X soal penyajian grafis.

    GPU yang digunakan PS5 dan Xbox Series X sebetulnya sama tapo berbeda dalam konfigurasinya. GPU di PS5 memiliki 36 core Compute Unit dengan kecepatan 2,23GHz sementara Xbox Series dengan 52 Computes Unit hanya dipasang kecepatan 1,82GHz alias lebih rendah.

    Kecepatan yang lebih cepat jelas menghasilkan suhu panas lebih tinggi sehingga membutuhkan sistem pendingin yang lebih kompleks. Secara teknis desain yang besar memang punya tujuan tertentu terkait komponen di bagian dalamnya.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id