Intel Pastikan Prosesor 7nm Tiba di 2021

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 Mei 2019 17:39 WIB
    Intel Pastikan Prosesor 7nm Tiba di 2021
    Roadmap Intel untuk fabrikasi prosesor. (Intel)
    Jakarta: Intel mungkin terkendala dalam proses produk prosesor berbasis 10nm sehingga pada jajaran Intel Generasi ke-9 memilih mengandalkan fabrikasi 14nm. Namun, Intel tidak mengalah untuk tetap mendominasi bisnis semikonduktor.

    Kini Intel secara tegas telah mengumumkan rencana merilis proses fabrikasi 7nm. Dalam sebuah rapat dengan investor, Intel mengungkapkan roadmap yang menyebut prosesor fabrikasi 7nm akan hadir di 2021.
    Dikutip dari Tom's Hardware, Intel berani menyebut bahwa mereka akan bersaing lewat teknologi dengan prosesor fabrikasi dari foundry TSMC di fabrikasi 5nm. Seperti yang diketahui bahwa TSMC sendiri sudah sukses memproduksi prosesor fabrikasi 7nm.

    Salah satu klien besar dari TSMC untuk produksi fabrikasi 7nm adalah AMD yang juga merupakan pesaing Intel. Kembali ke Intel, perusahaan tersebut dikabarkan akan mengunakan fabrikasi 7nm untuk GPU kartu grafis diskrit pertama mereka yaitu Intel Xe.

    Namun, kartu grafis Intel Xe tersebut akan dihadirkan lebih dulu untuk kebutuhan data center di 2021. Sementara kartu grafis versi konsumen akan disebut dirilis pada 2020 dengan masih mengandalkan fabrikasi 10nm.

    Prosesor fabrikasi 10nm keluarga Ice Lake akan dirilis pada bulan Juni untuk perangkat laptop. Akhirnya Intel akan membuka peluang untuk prosesor fabrikasi 10nm mereka yang tertunda cukup lama untuk mulai membanjiri pasar setelah dikuasai AMD.

    Intel mengklaim prosesor keluarga Ice Lake akan membawa kecepatan nirkabel (wireless), kecepatan transcode video dua kali lebih cepat, kinerja grafis dua kali lebih cepat, dan kinerja AI hingga tiga kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

    Intel juga menyebut akan menyiapkan prosesor fabrikasi 10nm dengan versi yang lebih baik. Kemungkinan akan muncul fabrikasi yang dinamakan 10nm ++ . Rencana ini dijadwalkan mulai digarap pada 2020 mendatang.

    Untuk teknologi produksi, Intel menyebut akan menggunakan teknologi yang sebetulnya sudah digunakan juga oleh TSMC pada prosesor AMD yang mereka produksi. Intel akan menggunakan litografi ultraviolet ekstrim (EUV).



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id