CBN Ingin Masyarakat Ikut Kembangkan IP Weather

    Lufthi Anggraeni - 25 Januari 2019 09:11 WIB
    CBN Ingin Masyarakat Ikut Kembangkan IP Weather
    CBN menyebut kompetisi sebagai cara melibatkan masyarakat dalam pengembangan teknologi.



    Bandung: Penyelenggaraan kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER menjadi salah satu cara Cyberindo Aditama (CBN) untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam upaya pengembangan teknologi IP Weather.

    Tidak hanya sekadar bagian dari program Corporate Social Responsibility, kompetisi ini juga ditujukan untuk membangkitkan komunitas sebagai bagian dari ekosistem.






    Kompetisi ini juga untuk memberikan kesempatan anak muda untuk menyalurkan kreativitas mereka berbasis data yang telah dihimpun oleh alat sensor IP Weather.

    “Jadi peran IP Weather bukan sekadar peran CBN juga orang banyak seperti pemerintah, masyarakat yang salah satunya diwakili peserta, dan pelaku ekosistem lainnya. Kompetisi ini juga kami tujukan untuk membantu anak muda cerdas lebih terlibat dalam ekosistem” ujar Chief Operating Officer CBN Marcelus Ardiwinata.

    Pendapat serupa juga diamini oleh Chief Information Officer INDO CISC Budi Raharjo, selaku salah satu juri pada kompetisi ini. CBN beserta INDO CISC dan PT Mega Akses Persada atau FiberStar menyebut ingin meningkatkan pendidikan masyarakat agar ekosistem menjadi lebih maju, melalui teknologi yang mereka kembangkan.

    Sementara itu, pemilihan kota Bandung sebagai proyek pertama diakui Budi karena faktor kedekatan lokasi dengan tempat tinggalnya. Namun, baik Budi dan Marcelus sepakat, bahwa kesuksesan pengembangan aplikasi yang melibatkan masyarakat di semua lapisan, salah satunya melalui anak muda, di kota Bandung akan mereka jadikan sebagai contoh untuk kota lain di Indonesia.

    Di masa mendatang, keterlibatan masyarakat diharapkan dapat membantu pengembangan teknologi dan aplikasi lain yang tidak hanya terkait pada cuaca. Keterlibatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas masyarakat, sehingga program kota cerdas atau smart city dapat diterapkan pada ruang lingkup lebih kecil seperti desa.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id