comscore

BliBli dan Pemprov Jateng Buka Akses Produk UMKM via LapakJateng.id

Mohammad Mamduh - 17 Juni 2022 15:26 WIB
BliBli dan Pemprov Jateng Buka Akses Produk UMKM via LapakJateng.id
Peluncuran lapakjateng.id, kerja sama BliBli dan Pemerinta Provinsi Jawa Tengah
Jakarta: Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan lapakjateng.id, laman khusus yang menampilkan produk UMKM andalan Jawa Tengah.

Peluncurannya turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Edward K. Suwignyo, CMO Blibli.
UMKM memegang peran krusial dalam menjalankan ekonomi kerakyatan di Tanah Air yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Berdasarkan riset yang Blibli lakukan bersama BCG dan Litbang Kompas, pemberdayaan UMKM adalah kunci penting dalam mendorong pertumbuhan inklusif di Indonesia.

Hasil riset diantaranya menunjukkan bahwa 84 persen UMKM telah membuka lapangan pekerjaan, dan 77 persen dari para UMKM tersebut menyerap tenaga kerja lokal. Kolaborasi ini diharapkan dapat memajukan sektor UMKM untuk mendorong pertumbuhan perekonomian sekaligus memperluas implementasi ekonomi kerakyatan secara inklusif.

“Sinergi antara Blibli dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah lewat lapakjateng.id ini membuka peluang untuk kurasi produk-produk artisanal hasil karya UMKM Jawa Tengah. Kami optimistis bahwa UMKM dapat bertumbuh secara berkelanjutan di platform B2C Blibli, lewat dukungan omnichannel dan ekosistem Blibli yang kuat,” ujar Edward K. Suwignyo, CMO Blibli.

"Saat ini, transformasi usaha ke arah digital menjadi salah satu strategi utama dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mendukung penguatan daya saing UMKM dan mengakselerasi pemulihan ekonomi," kata Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Kedepannya pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penjual di lapakjateng.id juga bisa mendaftar ke program SIPlah dan Bela Pengadaan.”

Lapakjateng.id sendiri menghadirkan lebih dari 2.500 UMKM, dengan sekitar 300.000 produk dari berbagai wilayah di Jawa Tengah yang telah melewati proses kurasi sehingga terpercaya dan memiliki produk yang berkualitas.

Hal tersebut memungkinkan lapakjateng.id untuk menyediakan kategori belanja yang luas, mulai dari kuliner, fashion, kriya, kesehatan dan kecantikan, hingga desa wisata. Pembayaran PBB dan pajak kendaraan bermotor juga dilayani lewat kanal ini.

Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah berkolaborasi menggelar Bazar UMKM Wow di Rest Area KM 360 Kabupaten Batang dan menghadirkan paket parsel lebaran khusus dari produk UMKM Jawa Tengah.

Keduanya juga bekerja sama dalam menjalankan program pelatihan dan pendampingan secara offline & online di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id