Telkom Jadi Perusahaan Indonesia Pertama Supercomputer NVIDIA DGX A100

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 Januari 2021 10:14 WIB
    Telkom Jadi Perusahaan Indonesia Pertama Supercomputer NVIDIA DGX A100
    Direktur Telkom Digital Business, M. Fajrin mencoba implementasi teknologi berbasis AI.



    Jakarta: Produsen kartu grafis atau teknologi GPU ternama NVIDIA mengumumkan kemitraan dengan PT. Telkom sebagai perusahaan asal Indonesia pertama yang menggunakan solusi dari NVIDIA DGX A100 untuk bisnisnya.

    NVIDIA DGX A100 digunakan Telkom untuk mengembangkan aplikasi computer vision dengan sistem komputer berbasis kecerdasan buatan (AI) dan aplikasi berbasis 5G untuk mendukung kemajuan bisnis perusahaan tersebut.






    NVIDIA DGX A100 merupakan teknologi AI berbasis GPU yang menyediakan kemampuan supercomputer pada data center. Teknologi ini disebut tim Advanced Technology & Business Research Telkom untuk mengembangkan model bisnis digital di masa depan.

    "Kami membangun sebuah platform AI yang komprehensif untuk mendukung aktivitas-aktivitas laboratorium ATR kami seperti AI, robotik, otomasi proses robotik, blockchain, AR/VR, bio-signal, dan berbagai laboratorium teknologi tingkat lanjut lainnya," ujar Direktur Telkom Digital BVusiness, M. Fajrin.

    "Dengan NVIDIA DGX A100 yang baru ini, kami ingin mempercepat pelatihan model AI, termasuk akselerasi terhadap proses penyelerasan model dan algoritma AI. Kami berharap hasil-hasil dari proses riset ini akan terus memajukan pengembangan produk-produk baru," jelasnya.

    NVIDIA DGX A100 memiliki kinerja AI mencapai lima petaflop untuk semua workload AI yang didukung delapan GPU NVIDIA A100 Tensor serta NVIDIA Networking untuk akses jaringan berkecepatan tinggi.

    "Sejak peluncurannya di bulan Mei, NVIDIA DGX A100 telah menarik banyak minat dari Indonesia, dari negara-negara sekitar, dan dari seluruh dunia dengan mulai digunakannya sistem ini di berbagai industri untuk pekerjaan pengembangan AI," ungkap Director of Enterprise Business SEA & ANZ Region NVIDIA, Dennis Ang.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id