Strategi Tokopedia Agar Aplikasinya Lebih Kecil dan Irit Kuota

    Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni - 18 November 2020 10:37 WIB
    Strategi Tokopedia Agar Aplikasinya Lebih Kecil dan Irit Kuota
    Rico Harisin, Head of Engineering Tokopedia.
    Jakarta: Tokopedia mengumumkan sejumlah pengembangan untuk aplikasinya. Hal ini disampaikan oleh Rico Harisin, Head of Engineering Tokopedia.
     
    Ia merupakan salah satu software engineer yang terlibat dalam mengembangkan aplikasi Android Tokopedia dari nol. “Sejak diluncurkan di 2014, aplikasi Android Tokopedia kini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di Indonesia,” ujar Rico. 
     
    “Berangkat dari semangat inklusivitas, Dynamic Feature bisa membantu menyesuaikan ukuran aplikasi Tokopedia dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat Android pengguna sehingga aplikasi kami bisa dipakai seluruh kalangan masyarakat,” ungkap Rico. 

    Aplikasi Tokopedia diklaim akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27 persen, dari 49.9MB menjadi 36MB.
     
    Kemudian ada App Action. Fitur ini juga memungkinkan pengguna dapat mengetahui tagihan yang belum terbayar, mulai dari tagihan listrik, air hingga pulsa dan paket data. Mereka juga mengurangi waktu akses ke satu layanan dengan menyediakan pilihan shortcut khusus.  

    Voice to Text di Search Bar adalah kemampuan mencari barang yang dibutuhkan di kolom pencarian dengan fitur pengetikan teks lewat input suara. Kemudian dukungan NFCyang bisa dipakai untuk membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat.
     
    Tokopedia sendiri pernah terpilih menjadi salah satu aplikasi Android terbaik dunia pada 2018. “Saat itu adalah kali pertama aplikasi e-commerce (kategori Belanja) asal Indonesia berhasil masuk ke dalam kategori Android Excellence App,” kata Rico.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id