Apple Segera Hilangkan Konektor Lightning?

    Lufthi Anggraeni - 15 Januari 2020 15:15 WIB
    Apple Segera Hilangkan Konektor Lightning?
    European Union dilaporkan berencana untuk memaksa Apple mengganti konektor lightning dengan USB-C.
    Jakarta: Apple telah menggunakan konektor Lightning di smartphone karyanya sejak tahun 2012 lalu, dan hingga saat ini belum berencana untuk menggantinya dengan USB-C meski pengguna telah meminta hal tersebut.
     
    Namun, European Union (EU) dilaporkan berencana untuk memaksa Apple mengganti konektor kebanggaannya ini dengan USB-C. MacRumors melaporkan bahwa anggota parlemen Eropa tengah berdebat terkait port standar untuk smartphone, tablet dan perangkat portabel lain.
     
    Penetapan port standar ini ditujukan untuk mengurangi sampah dan meningkatkan kenyamanan penggunanya. European Union telah mendorong perusahaan teknologi untuk mengganti konektor menjadi USB-C, namun sejauh ini, upaya tersebut diyakini mengalami kegagalan.
     
    Dengan demikian, sejumlah anggota European Parliament kini tengah berupaya untuk mengesahkan undang-undang yang akan memaksa perusahaan untuk hanya menggunakan satu port di wilayah yang dinaunginya.
     
    Opsi yang diajukan anggota parlemen ini termasuk port micro-USB, konektor khas Apple Lightning dan USB-C yang kini telah lebih umum. Pemungutan suara terkait opsi ini dijadwalkan akan dilakukan pada sesi parlemen selanjutnya.
     
    Namun, anggota parlemen masih berpeluang untuk memilih pendekatan sukarela, yang akan memungkinkan perusahaan teknologi seperti Apple untuk mengabaikan regulasi ini. Sebagai respon dari ide tahun lalu, Apple berpendapat bahwa memaksakan seluruh smartphone untuk menggunakan port yang sama akan menghambat inovasi.
     
    Apple juga berpendapat bahwa, karena lebih dari satu miliar perangkat Apple telah dikapalkan dengan dukungan port Lightning, regulasi ini akan menghasilkan sampah elektronik dalam volume tidak terhitung, yang tidak baik untuk lingkungan.
     
    Apple juga mengindikasikan bahwa perusahaannya dapat mengaplikasikan solusi alternatif untuk regulasi ini via pembekalan kabel atau adapter eksternal di kotak kemasan penjualan ponsel cerdas karyanya.
     
    Namun belum diketahui terkait rencana EU untuk melakukan sesuatu untuk menghentikan rencana Apple ini. Sebelumnya, Apple merilis program penggantian baterai baru untuk sejumlah model dari Smart Battery Case karyanya.
     
    Program ini mencakup model untuk iPhone keluaran tahun 2018 termasuk iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max. Smart Battery Case untuk ketiga perangkat tersebut kerap dilaporkan mengalami permasalahan menyoal pengisian daya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id