Oppo Mau Bikin Chipset Smartphone Sendiri

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Oktober 2021 08:54 WIB
    Oppo Mau Bikin Chipset Smartphone Sendiri
    Smartphone Oppo. (WCCF Tech)



    Jakarta: Qualcomm dan MediaTek hingga Samsung harus siap-siap memiliki pesaing dalam produksi chipset atau prosesor di smartphone. Oppo kini dikabarkan berencana seperti Google dan Apple yaitu dengan membuat chipset mereka sendiri.

    Diketahui Google baru ini merilis chipset buatannya sendiri untuk seri smartphone Pixel 6 Series. Hal ini dilaporkan juga akan dilakukan melakukan hal yang sama untuk smartphone buatannya di tahun 2023 atau 2024.

     



    Informasi ini diperoleh dari pihak internal Oppo yang identitasnya dirahasiakan, dikutip dari situs Nikkei Asia. Hal ini bukan tidak mungkin karena selain merek di atas, Huawei hingga Xiaomi yang masih satu kampung halaman dengan Oppo juga sejak lama mengembangkan chipset buatan sendiri.

    Langkah ini dilihat bukan hanya sebagai bentuk kemandirian dari Oppo tapi juga solusi atas permasalahan pasokan komponen chipset yang saat ini melanda industri elektronik termasuk smartphone.

    Meskipun merancang sendiri chipset mereka tapi Oppo belum akan memproduksinya di fasilitas sendiri seperti Samsung yang memiliki bisnis foundries. Mereka dilaporkan akan mengandalkan TSMC, produsen chipset atau semikonduktor terbesar di dunia.

    Lead Analyst dari Isaian Research, Eric Tseng, mengungkapkan alasan sejumlah merek smartphone enggan menggunakan chipset buatannya sendiri di banyak produknya karena merasa performanya belum sejajar dengan chipset pasokan dari perusahaan seperti Qualcomm dan MediaTek.

    Jadi meskipun pilihan untuk membuat chipset sendiri terdengar membantu mengatasi ketergantungan atau kelangkaan pasokan chipset namun di sisi lain vendor harus mengalokasikan dana lebih besar untuk merancang chipset tersebut.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id