Clubhouse Tidak Lagi Eksklusif, Semua Bisa Gabung Tanpa Undangan

    Cahyandaru Kuncorojati - 22 Juli 2021 10:06 WIB
    Clubhouse Tidak Lagi Eksklusif, Semua Bisa Gabung Tanpa Undangan
    Logo baru Clubhouse.



    Jakarta: Aplikasi media sosial dengan konten diskusi via audio yang sempat viral yaitu Clubhouse membagikan kabar terbaru. Aplikasi yang sempat ramai dibicarakan di Indonesia tersebut kini dikabarkan sudah memasuki tahap beta dari pembuatan aplikasi.

    Pihak developer Clubhouse telah menambahkan sejumlah fitur baru termasuk logo dari aplikasi yang benar-benar terlihat berbeda. Tidak cuma itu, update penting lainnya adalah saat ini aplikasi Clubhouse tidak lagi eksklusif.

     



    Dikutip dari The Verge, pendiri Clubhouse yaitu Paul Davison dan Rohan Seth dalam blog resminya menyebutkan bahwa kini siapapun bisa mendaftar dan bergabung ke dalam Clubhouse maupun diskusi di dalamnya. 

    Diketahui bahwa sebelumnya Clubhouse hanya menyediakan sistem undangan yang dibatasi. Pengguna tetap atau yang saat itu sudah berhasil bergabung ke dalam aplikasi Clubhouse hanya dapat memberikan beberapa tiket untuk pengguna baru bergabung. 

    “Sistem undangan merupakan momen penting dalam awal sejarah kami (Clubhouse). Namun sejak awal kami memang menginginkan Clubhouse terbuka untuk siapapun,” tulis sang pendiri Clubhouse di blog resmi.

    Menurut keduanya, dengan menambahkan pengguna baru baru secara bertahap sangat membantu dalam membuat pertumbuhan Clubhouse tetap terkendali tanpa risiko aplikasi tersebut ikut bermasalah.

    Langkah Clubhouse untuk menyediakan aplikasinya secara gratis alias tidak eksklusif lagi juga bisa dinilai sebagai strategi untuk bersaing dengan kompetitor yang semakin serius.

    Facebook, Twitter, Discord, hingga Spotify sendiri sudah merilis fitur yang menyediakan konten untuk bersaing dengan Clubhouse. 

    Aplikasi ini terbilang baru di Android yaitu sejak bulan Mei setelah sebelumnya hanya ada di iOS, hanya dalam dua bulan mereka mengklaim Clubhouse sudah diunduh sebanyak 10 juta kali di Android.

    Kepopulerannya didorong kebutuhan masyarakat terhadap cara baru untuk terhubung di tengah kondisi pandemi.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id