Netflix Lampaui 1 Miliar Unduh di Google Play

    Lufthi Anggraeni - 31 Juli 2020 14:14 WIB
    Netflix Lampaui 1 Miliar Unduh di Google Play
    Netflix menggapai pencapaian baru dengan jumlah unduhan di Google Play Store sebanyak 1 miliar.
    Jakarta: Netflix mengumumkan bahwa aplikasi versi Android karyanya telah diunduh sebanyak satu miliar di Google Play Store. Jumlah ini termasuk kasus saat Netflix menjadi aplikasi bawaan di smartphone karya mitranya.

    Sebagai perbandingan dengan layanan platform streaming lain mengungkap Amazon Prime telah diunduh sebanyak 100 hingga 500 kali, Hulu sebanyak 50 hingga 100 juta kali, dan HBO Go hampir sebanyak lima juta kali.

    Mengutip GSM Arena, pesaing baru Netflix di ranah ini termasuk Disney+ yang telah diunduh sebanyak 10 juta kali, namun Disney+ baru tersedia di pasar terbatas dan relatif baru. Sebagai pengingat, Disney+ akan merayakan ulang tahun pertamanya pada bulan November mendatang.

    Netflix ramai diberitakan media selama beberapa bulan terakhir sebagai salah satu platform pertama yang menurunkan resolusi konten streaming untuk meringankan beban jaringan selama penerapan kebijakan berdiam diri di rumah akibat pandemik Covid-19.

    Kebijakan pembatasan bandwith ini dinyatakan berakhir pada dua bulan kemudian, meski perusahaan lain masih menghadirkan kualitas resolusi SD sebagai resolusi default. Sebelumnya, pada awal bulan Juli lalu, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom akhirnya membuka akses Netflix melalui Telkomsel, Indihome, dan wifi.id.

    Layanan tersebut dibuka kembali setelah sempat ditutup sejak 2016. Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan pihaknya membuka kembali layanan tersebut agar para pelanggan bisa mengakses dan menikmati konten-konten Netflix.

    Telkom mengungkap bahwa pihaknya mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia, dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan Telkom Group untuk dapat mengakses beragam konten hiburan.

    Menanggapi pembukaan akses untuk aplikasinya dari pelanggan layanan Telkom, Netflix menjanjikan bakal memperbanyak koleksi film-film Indonesia. Untuk saat ini, baru film The Night Comes for Us dari Timo Tjahjanto yang menjadi konten Netflix Original asal Indonesia.

    Dalam beberapa bulan terakhir, Netflix menambahkan sejumlah film Indonesia seperti beberapa judul produksi Falcon Pictures dan Starvision Plus. Sementara itu, Direktur Jenderal Pajak telah menunjuk enam perusahaan global yang memenuhi kriteria sebagai pemungut pajak pertambahan nilai atas barang dan jasa digital yang dijual kepada pelanggan di Indonesia.

    Enam pelaku usaha yang telah menerima surat keterangan terdaftar dan nomor identitas perpajakan sebagai pemungut PPN pada gelombang pertama ini adalah Amazon Web Services Inc, Google Asia Pacific Pte. Ltd, Google Ireland Ltd, Google LLC, Netflix International B.V., dan Spotify AB.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id