Google Uji Fitur iMessage untuk Chat RCS

    Lufthi Anggraeni - 14 Mei 2020 09:25 WIB
    Google Uji Fitur iMessage untuk Chat RCS
    Google dilaporkan tengah menguji fitur serupa iMessages iOS untuk Chat RCS karyanya.
    Jakarta: Google telah melakukan update pada aplikasi Android Message dengan mengaktifkan Chat RCS di seluruh ponsel Android. Pesan antara dua pengguna RCS ini memiliki batasan karakter sebanyak 8.000 karakter, alih-alih 160 karakter.

    Selain itu, pengguna akan mengetahui saat pesan telah dibaca penerima melalui bukti pembacaan yang akan diterimanya. Mengutip Android Police, seorang Redditor melaporkan bahwa Google tengah menguji fitur yang ditemukan di iMessages untuk Chat RCS.

    Aplikasi Google Message ditemukan oleh salah seorang pengguna terpasang pada smartphone OnePlus 7 Pro dengan operator T-Mobile. Pengguna ini juga menemukan bahwa dirinya dapat merespon Chat dengan reaksi emoji.

    Fitur ini serupa dengan fitur yang ditemukan pada iMessage di perangkat bersistem operasi iOS. Pengguna Android yang menggunakan Chat RCS ini dapat menekan pesan terakhir yang diterima selama beberapa saat, untuk menampilkan emoji berbeda yang dapat dipilih sebagai reaksi.

    Salah satu emoji yang dipilih akan muncul di sisi kanan bawah pesan terakhir yang dikirimkan oleh pihak lain dalam percakapan. Baru tersedia dalam update versi beta, reaksi emoji ini disebut belum akan muncul di seluruh ponsel Android yang menerima update Chat RCS ini.

    Namun perlu diingat bahwa pengguna tidak dapat menggunakan Chat RCS jika platform pesan teks yang digunakan merupakan versi yang disediakan operator, dan hanya dapat berfungsi pada aplikasi Google Message, dan dapat diinstal dari Google Play Store.

    Sebelumnya, Google melalui Google Arts & Culture mengumumkan penambahan gambar wayang pada koleksi di Museum Wayang Jakarta, hasil kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam rangka merayakan keberagaman Wayang.

    Google Arts & Culture mempersembahkan halaman yang menampilkan 106 buah Wayang, hasil potret dari teknologi Art Camera karyanya. Google Arts & Culture menghadirkan 12 pameran interaktif dari beragam jenis hingga busana yang dikenakan setiap wayang dari berbagai daerah di Indonesia.

    Sementara itu, Google memperpanjang kebijakan bekerja dari rumah hingga tahun 2020 berakhir. Setelah sebelumnya memberitahukan pegawai bahwa kebijakan ini hanya berlaku hingga tanggal 1 Juni, CEO Sundar Pichai memberikan informasi baru.
     
    Pichai menginformasikan kepada pegawai bahwa mereka berpeluang untuk bekerja dari rumah hingga akhir tahun 2020. Menurut Pichai, pegawai dengan pekerjaan yang mengharuskan kehadiran fisik akan diizinkan untuk kembali ke kantor pada bulan Juni atau Juli mendatang.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id