Selain Nokia 5310, Ada Ponsel Klasik Lainnya Juga

    Lufthi Anggraeni - 20 Maret 2020 15:10 WIB
    Selain Nokia 5310, Ada Ponsel Klasik Lainnya Juga
    Nokia 5310 XpressMusic bukan satu-satunya ponsel feature Nokia yang dibangkitkan dari kematian.
    Jakarta: Nokia sempat merajai pasar smartphone dunia dengan jutaan smartphone yang mendukung jaringan 2G hingga 3G. Beberapa di antaranya menempati daftar ponsel ikonik sepanjang masa yang menghadirkan kenangan tersendiri saat konsumen melihatnya.
     
    Menyadari hal ini, HMD Global sebagai pemegang lisensi merek ponsel Nokia membangkitkan kembali sejumlah ponsel ikonik tersebut dalam versi lebih modern. Salah satunya adalah Nokia 5310 XpressMusic yang kala itu menjadi salah satu ponsel dengan fitur pemutar musik di pasar.
     
    Namun, Nokia 5310 XpressMusic bukan satu-satunya ponsel feature versi modern Nokia yang kembali diluncurkan oleh HMD Global. Pada bulan September 2019 lalu, HMD Global juga meluncurkan versi modern dari Nokia 2720 yang diperkenalkannya pada ajang IFA 2019.
     
    Nokia 2720 ini merupakan ponsel jenis flip phone atau ponsel lipat dengan desain serupa kerang atau disebut dengan istilah clamshell. Seperti dua ponsel lawas sebelumnya yang dibangkitkan oleh HMD, Nokia 2720 dimasukkan dalam jajaran produk Nokia Originals.
     
    Nokia 2720 versi terbaru mengusung bodi yang lebih ramping dengan layar lebih besar menjadi 2,8 inci. Untuk sistem operasinya, Nokia 2720 kini menggunakan KaiOs buatan HMD yang membuat desain seperti feature phone memiliki fitur modern. Misalnya, dukungan Google, Google Maps, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan termasuk layanan Google Assistant.
     
    Namun, ponsel Nokia paling ikonik yang berhasil dihidupkan kembali oleh HMD Global adalah Nokia 8110 atau ponsel berjenis slider dengan julukan ponsel pisang. Ponsel ini kembali dipasarkan HMD Global pertama kali di Singapura dan Vietnam pada akhir bulan Mei 2018.
     
    HMD Global telah memperkenalkan Nokia 8110 jauh sebelumnya, yaitu pada ajang Mobile World Congress yang diadakan pada awal tahun 208 lalu. Ponsel hadir dengan desain yang sangat mirip dengan perangkat versi orisinal.
     
    Sementara itu, ponsel feature Nokia lain yang diboyong HMD Global ke Tanah Air adalah Nokia 110. Ponsel ini hadir dengan peningkatan di segi hiburan, dan menyasar konsumen beranggaran terbatas. Sebagai ponsel feature, Nokia 110 hadir dengan fungsi dasar ponsel seperti telepon, SMS, serta pemutar musik dan game.
     
    Untuk segi hiburan, Nokia 110 hadir dengan fitur pemutar MP3, radio FM, dan game Snake. Selain segi hiburan, Nokia 110 juga mengusung desain modern serta daya tahan bodi yang diklaim HMD Global cukup kuat. Tidak hanya kuat dalam soal bodi, HMD Global juga mengunggulkan kekuatan dalam hal baterai pada ponsel ini.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id