Snap Hilangkan Filter Ngebut

    Lufthi Anggraeni - 19 Juni 2021 12:06 WIB
    Snap Hilangkan Filter Ngebut
    Snap menghapus filter dan stiker mengemudi dengan kecepatan tinggi sepenuhnya dari Snapchat.



    Jakarta: Snap menghapus filter mengemudi dengan kecepatan tinggi dari Snapchat pada pekan ini. Efek ini menampilkan kecepatan pengguna dalam format mil atau kilometer per jam, dan banyak pihak mengkritik efek ini.

    Mengutip The Verge, kritik dari banyak pihak mengklaim bahwa fitur tersebut mendorong tindak mengemudi sembrono, dengan beberapa pihak menyebut bahwa Snap harus bertanggung jawab jika filter kecepatan ini terkait dengan kecelakaan tabrakan mobil mematikan.

     



    Snap telah menghadapi sejumlah gugatan hukum selama beberapa tahun terakhir, menghubungkan Snapchat dengan kecelakaan tabrakan mobil. Salah satu kecelakaan mengkhawatirkan adalah kecelakaan mobil pada tahun 2015 di Georgia, Amerika Serikat.

    Kecelakaan ini terjadi beberapa tahun setelah Snapchat pertama kali merilis update berisi filter tersebut. Beberapa tahun setelahnya, Snap mengubah filter menjadi stiker, menguburnya dalam menu terpisah, dan menjadikannya lebih sulit untuk digunakan.

    Ninth Circuit Appeals Court baru-baru ini menyampaikan keputusan bahwa Snap dapat dituntut untuk keterlibatan filter atau stiker berkendara dalam kecepatan tinggi dalam kecelakaan mobil. Pengadilan menemukan bahwa dalam kasus ini, Snap tidak terlindungi oleh regulasi Section 230.

    Sebagai informasi, Section 230 adalah porsi dari Undang-undang Kepatutan Komunikasi atau Communication Decency Act yang melindungi perusahaan agar tidak dapat dituntut terkait konten yang diunggah pengguna di platform karyanya.

    Kasus Lemmon dan Snap melibatkan kecelakaan lain di Georgia yang menyebabkan kematian tiga laki-laki pada tahun 2017 lalu. Pengadilan Ninth Circuit menyebut bahwa anggota keluarga dari korban jiwa tersebut dapat menuntut Snap setelah kasus ditutup pada tahun 2020 lalu.

    Snap mengonfirmasi bahwa stiker tersebut dihapus dan menegaskan bahwa tidak ada hal lebih penting dari keamanan komunitas Snapchat. Dan Snap sebelumnya telah menonaktifkan filter terkait mengemudi dalam kecepatan tinggi.

    Selain itu, Snap menyebut bahwa kini stiker tersebut jarang digunakan pengguna Snapchat yang disebutnya dengan nama Snapchatter. Hal ini mendorong keputusannya untuk menghapus filter tersebut secara keseluruhan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id