Resmi, Laptop Apple tak Lagi Pakai Prosesor Intel

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 Juni 2020 07:49 WIB
    Resmi, Laptop Apple tak Lagi Pakai Prosesor Intel
    Ilustrasi.
    Jakarta: Setelah sekian banyak rumor Apple akan memutuskan kerja sama dengan Intel untuk prosesor laptop. Akhirnya semalam perusahaan berlogo buah ini resmi mengucapkan selamat tinggal kepada Intel di bisnis laptop atau MacBook.

    Laptop Apple terbaru nantinya tidak lagi menggunakan prosesor milik Intel. Apple memilih mengembangkan prosesor sendiri dengan berbasis teknologi prosesor milik ARM yang cukup populer. Hal ini disampaikan dalam acara Apple WWDC (Worldwide Developer Conference) 2020 semalam.

    Apakah performa prosesor buatan Apple sendiri akan menjanjikan? Seharusnya iya karena mereka sudah mulai melakukannya di semua seri iPhone 11 dan iPad Pro 2020. Sejauh ini performa dari produk tersebut menggunakan prosesor Apple Bionic A13 belum dikeluhkan.

    Bagi Apple dan developer software atau aplikasi di ekosistem ini jelas sangat menguntungkan. Tugas mereka jadi lebih ringan untuk mengoptimalkan aplikasi karena tidak perlu membuat software atau aplikasi yang menyesuaikan antara perangkat Apple dengan prosesor Intel yang tertanam.

    "Saat kami membuat perubahan yang jelas, hanya satu alasan kuat kami melakukannya yaitu agar kami bisa membuat produk yang lebih baik," ucap CEO Apple, Tim Cook di acara. Rencananya, MacBook pertama dengan prosesor Apple akan tersedia di akhir tahun ini.

    Namun, Apple akan menjalani masa transisi selama dua tahun dan sepanjang durasi tersebut mereka akan tetap merilis produk yang menggunakan prosesor Intel. Kemungkinan bahwa proses ini akan mengalami sedikit kekacauan tentu saja masih ada.

    Apple sendiri menjalin kerja sama dengan Intel sejak tahun 2006. Saat itu, developer harus melakukan pembaruan di software mereka untuk kompatibel dengan perangkat Apple berbasis prosesor Intel. Kini bisnis model ekosistem Apple makin jelas.

    Dikutip dari Wired, tahun lalu Apple sudah memperkenalkan teknologi bernama Catalyst yang memungkinkan modifikasi aplikasi di iPad bisa berjalan di MacOS alias laptop atau PC buatan Apple. Model bisnis terbaru Apple semakin memperkuat hal tersebut.

    Beberapa bulan lalu Apple memperkenalkan sistem universal purchase. Jadi konsumen cukup melakukan pembelian aplikasi di salah satu perangkat Apple dan nantinya aplikasi bisa muncul serta digunakan di iOS, iPad OS, maupun MacOS.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id