Google Turut Rayakan HUT ke-74 RI via Doodle

    Lufthi Anggraeni - 17 Agustus 2019 13:23 WIB
    Google Turut Rayakan HUT ke-74 RI via Doodle
    Google turut merayakan HUT Republik Indonesia ke-74 tahun via gambar Doodle.
    Jakarta: Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun yang jatuh pada hari ini tidak hanya disambut gembira melalui kegiatan masyarakat yang umum dilakukan seperti lomba panjat pinang, makan kerupuk, balap karung dan sebagainya.

    Hari peringatan kebebasan negara Indonesia dari penjajah ini juga dirayakan Google melalui Google Doodle. Hari ini, situs pencarian Google hadir dengan hiasan gambar menampilkan gapura perayaan HUT ke-74 RI yang didominasi oleh warna merah putih.

    Gambar Doodle ini juga menampilkan sejumlah warga bergotong-royong menghias gapura yang berdiri di wilayah perumahan, dan disaksikan oleh warga lain sambil tersenyum. Tidak hanya gambar diam, Doodle ini juga berkemampuan bergerak terlihat di bagian bendera penghias kecil yang juga bernuansa merah putih.

    Mengklik gambar tersebut akan mengarahkan Anda ke halaman hasil pencarian terkait dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, dengan informasi yang ditampilkan di bagian paling atas halaman hasil pencarian ini berasal dari Wikipedia versi bahasa Inggris.

    Di bagian bawah artikel Wikipedia tersebut, Google menyuguhkan sejumlah artikel berita dari situs media online berkenaan dengan HUT RI ke-74 tahun, salah satunya ucapan selamat ulang tahun dari Duta Besar sejumlah negara untuk Republik Indonesia.

    Kemudian di bagian bawah artikel berita, halaman hasil pencarian Google ini menampilkan cuitan yang dikurasinya dari jejaring sosial Twitter, salah satu yang ditampilkan adalah cuitan warga Indonesia yang mengucapkan selamat ulang tahun untuk Indonesia.

    Tanggal 17 Agustus setiap tahunnya diperingati oleh warga Indonesia sebagai hari pembebasan dari jajahan negara asing, yang secara resmi diumumkan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia kala itu, yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta, pada tahun 1945.

    Namun baru pada tahun 1953, tanggal 17 Agustus diresmikan Presiden Soekarno sebagai hari libur nasional di Indonesia. Pada tanggal ini juga, seluruh televisi nasional di Indonesia menyiarkan upacara langsung dari Istana Merdeka.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id