AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga Pakai Soket TRX4

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 November 2019 11:01 WIB
    AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga Pakai Soket TRX4
    CEO AMD, Dr. Lisa Su dengan prosesor AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga.
    Jakarta: Menutup rumor yang selama ini beredar, AMD akhirnya mengumumkan kehadiran prosesor kelas HEDT (High End Desktop) teranyar Ryzen Threadripper Generasi Tiga.

    Mengikuti jejak prosesor desktop main stream yang dirilis lebih dulu, Ryzen Threadripper ini sudah mengadopsi fabrikasi 7nm Zen 2. Keduanya punya dukungan untuk 88 slot PCIe 4.0 dengan memanfaatkan soket berbasis TRX4.

    Penggunaan soket baru ini berarti menggantikan chipset sekaligus soket di motherboard yang lama. Prosesor AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga membutuhkan motherboard baru. Hal ini mematahkan kualitas teknologi AMD yang selama ini dikenal selalu kompatibel dengan platform generasi sebelumnya.

    Tidak hanya satu, AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga hadir dengan dua varian: 3960X dan 3970X. Perbedaannya ada pada jumlah core. AMD Ryzen Threadripper 3960X punya 24-core dan 3970X punya 32-core.

    AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga Pakai Soket TRX4

    AMD Ryzen Threadripper 3960X punya base clock 3,8GHz dan boost clock bisa mencapai 4,5GHz serta TDP 280W. Pada tingkat TDP yang sama Ryzen Threadripper 3970X membawa base clock 3,7GHZ dan boost clock yang sama.

    Pihak AMD menyatakan kedua prosesor ini akan tersedia di pasar pada 25 November 2019. Di Indonesia, harga AMD Ryzen Threadripper 3960X dibandero Rp22,6 juta dan 3970X di harga Rp32,2 juta.

    Soal performanya AMD mengklaim kemampuannya lebih tinggi dari kompetitor. Dalam sebuah halaman presentasi, AMD Ryzen Threadripper 3960X dan 3970X diadu dengan Intel Core i9-9980XE yang punya 18-core.

    "Dengan prosesor AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga, AMD sekali lagi secara signifikan menaikkan standar performa bagi para kreator, pengembang, dan antusias PC," tutur SVP and GM AMD Clien Compute, Saeid Moshkelani.

    "Prosesor Ryzen Threadripper Generasi Ketiga mengkombinasikan performa unggulan dan efisiensi energi untuk menciptakan solusi desktop kelas atas terbaik," ujarnya.

    AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga Pakai Soket TRX4

    Soket TRX4 diperkenalkan membanyak banyak fitur baru. Dukungan 72 slot PCIe 4.0, bandwidth frekuensi performa empat kali lebih besar dari kompetitor dan AMD Ryzen Threadripper Generasi Kedua, dan port USB kecepatan 10Gbps.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id