Performa PS5 Bakal Salip NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER

    Cahyandaru Kuncorojati - 19 Agustus 2019 10:41 WIB
    Performa PS5 Bakal Salip NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER
    Ilustrasi.
    Jakarta: Anggapan bahwa konsol memiliki kualitas grafis yang jauh berbeda dibandingkan PC perlahan semakin terpatahkan. Rumor terbaru dari konsol game generasi terbaru Sony yaitu PlayStation 5 (PS5) kabarnya memiliki kemampuan grafis yang mengejar kartu garfis PC terbaik saat ini.

    Rumor ini dianggap sangat menarik karena melihat dua perusahaan produsen GPU terbesar di pasar saat ini, yaitu AMD dan NVIDIA. Rumor yang berhembusnya menyebutkan bahwa PlayStation 5 memiliki chipset GPU yang menyajikan performa menyalik kartu grafis sekelas NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER.

    Rumor ini dikutip PCMag berawal dari bocoran yang diunggah oleh akun Twitter bernama @Komachi. Seperti yang diketahui bahwa Sony sudah mengkonfirmasi PlayStation terbaru akan menggunakan prosesor dari AMD jenis APU. Artinya, konsol ini menggunakan kartu grafis terintegrasi di chipset prosesor.

    Sementara NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER adalah kartu grafis generasi terbaru dari NVIDIA yang memiliki spesifikasi jauh lebih tinggi dari versi non-Super. Dalam unggahan akun @Komachi disebutkan performa GPU yang berjalan di PlayStation 5, angkanya mencapai 2GHz.
     
    Dia juga membandingkan performa GPU Gen1 yang digunakan pada PS4 Pro hanya menyajikan kecepatan performa di 911Mhz. Artinya, performa grafis di PlayStation 5 mengalami peningkatan sangat tinggi. Akun twitter @isaparrot memberikan penjelasan lebih mendetil.

    Dikutip dari Hot Hardware, akun @isaparrot menjelaskan bahwa performa GPU di PlayStation 5 setara dengan kecepatan pemrosesan hingga 9.2 Teraflop, sementara PS4 Pro hanya mencapai 4,2 Teraflop. Sebagai tambahan, Xbox One X sendiri kecepatannya di 6 Teraflop.

    Akun @isaparrot kemudian membandingkannya dengan kartu grafis untuk PC. NVIDIA GeForce RTX 2070 memiliki performa 7,5 Teraflop sementara RTX 2070 SUPER di kisaran 9 Teraflop. Patokan tertinggi yang dicontohkan adalah NVIDIA GeForce RTX 2080 yang performanya mencapai 10,1 Teraflop.
     
    Artinya, kualitas grafis yang bisa disajikan PlayStation 5 akan berada di antara kualitas NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER dan GeForce RTX 2080. Sejauh ini pihak Sony belum pernah memamerkan kualitas visual dari hardware PlayStation 5.

    Mereka sempat memamerkan bahwa proses loading di konsol terbaru tersebut akan sangat cepat dan dijanjikan tanpa ada loading sama sekali.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id