Game Simulasi Penyebaran Wabah Mendadak Viral di Tiongkok

    Cahyandaru Kuncorojati - 24 Januari 2020 16:38 WIB
    Game Simulasi Penyebaran Wabah Mendadak Viral di Tiongkok
    Tampilan gameplay dari Plague Inc.
    Jakarta: Beberapa hari belakangan dunia dibuat panik dengan menyebarnya wabah virus yang diidentifikasi sebagai Korona dan pusat penyebarannya berasal dari kawasan kota Wuhan di Tiongkok.

    Angka korban yang terpapar virus Korona ini mulai meningkat. Pemerintah Tiongkok akhirnya melakukan isolasi lima kota di negaranya. Di berbagai negara juga dilakukan pengawasan secara ketat untuk di jalur kedatangan warga Tiongkok khususnya yang berasal dari Wuhan.

    Di balik kepanikan ini, ada satu game yang mendadak viral dan populer jumlah unduhannya karena ramainya pemberitaan virus Korona, dikutip dari Quartz.

    Sebuah game berbasis simulai dan strategi berjudul Plague Inc. buatan studio game asal Inggris, Ndemic Creations mendadak banyak diunduh. Padahal game ini sudah dirilis di platform Android dan iOS sejak tahun 2012. 

    Dilaporkan bahwa game Plague Inc mendadak berada di posisi puncak platform iOS di Tiongkok kemarin, menurut data firma industri game, SensorTower. Tadinya posisi game ini berada di peringkat ke-27 dalam daftar game yang paling populer. Apa yang membuat game ini menarik?

    Sesuai dengan nama game ini yang artinya wabah, di Plague Inc.pemain diajak untuk menciptakan sebuah wabah virus yang mematikan. Target kemenangan di game ini adalah apabila virus yang diciptakan pemain bisa menyerang semua negara.

    Game dinyatakan berakhir dengan kemenangan apabila jumlah penduduk di seluruh dunia dalam game ini dinyatakan sudha terinfeksi. Di sini pemain akan diberikan tantangan. Pemain harus menciptakan kemampuan khusus dari virus tersebut.

    Kemampuan virus ini harus dikembangkan berdasarkan kondisi iklim atau geografis negara yang ingin dijangkiti. Misalnya, virus tersebut bisa menular lewat udara atau dibawa unggas. Nantinya, setiap negara akan mengumumkan berita bahwa mereka sudah melakukan antisipasi.

    Seiring negara di dalam game melakukan pencegahan maka pemain dituntu untuk membuat virus semakin kuat. Game ini menjadi viral di media sosial Weibo karena ungkapan beberapa pemain asal Tiongkok.

    "Cara terbaik melawan rasa takut adalah dengan menghadapinya," tulis akun Weibo sebuah situs game lokal 17173. Menariknya, beberapa gamer Tiongkok juga mengaku membuat titik awal penyebaran wabah virus di game di mulai dari negaranya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id