Hati-Hati, Game Anthem Bikin PS4 Bermasalah

    Cahyandaru Kuncorojati - 06 Maret 2019 10:19 WIB
    Hati-Hati, Game Anthem Bikin PS4 Bermasalah
    Game Anthem garapan BioWare dan dirilis oleh Electronic Arts.
    Jakarta: Game terbaru dari Electronic Arts, Anthem yang digarap studio BioWare dan dirilis 22 Februari 2019 kini menjadi sorotan. Selain game tersebut dianggap tidak berhasil mendongkrak finansial EA, ternyata game ini masih belum matang.

    Dikutip dari Engadget, di forum internet  bermunculan gamer pengguna PlayStation 4 (PS4) yang mengaku konsolnya bermasalah saat memainkan Anthem. Game ini membuat PS4 mendadak mati dan harus dinyalakan kembali.
    Lebih buruknya lagi, sebagian gamer mengaku bahwa PS4 mereka juga bermasalah hingga ke database disk atau memori konsolnya. Jadi pengguna PS4 akan diminta melakukan rebuild database, tujuannya agar konsol berjalan optimal setelah bermasalah saat memainkan game Anthem.

    Seorang gamer menjelaskan bahwa Anthem adalah satu-satunya game yang paling bermasalah. Game ini bisa menyebabkan konsol mati secara mendadak, bukan mode Reset. Sewajarnya saat sebuah game error maka pengguna PS4 akan dikembalikan ke tampilan layar menu.

    Hal yang paling mengecewakan beberapa gamer melaporkan bahwa mereka harus mencabut paksa kabel listrik dari konsol yang hang akibat game Anthem. Dengan cara ini, mereka baru bisa menyalakan dan menggunakan kembali PS4. Dalam kondisi tersebut PS4 gamer dinyatakan masuk ke status bricked alias tidak bisa digunakan.

    Status bricked sama seperti yang dijumpai pada smartphone. Perangkat tidak bisa digunakan dengan cara menyalakannya seperti biasa. Konsol PS4 harus masuk ke mode Safe Mode dan melakukan penataan ulang memori atau rebuild database.

    Tentu saja proses ini memakan waktu yang agak lama. Bisa dibayangkan apabila Anda harus berkali-kali melewati proses ini setiap kali menggunakan PS4. Pihak EA menyatakan sudah mengetahui masalah ini dan melakukan investigasi. Setiap gamer yang mengalami ini diminta melaporkannya.

    Kabar terbaru dikutip dari Extreme Tech menyebutkan masalah serupa juga mulai menjangkiti pengguna Xbox One Microsoft. Tidak mau membuat penggunanya kecewa, pihak Sony PlayStation dikabarkan menyediakan layanan refund atau pengembalian bagi gamer yang sudah membeli game Anthem.

    Anthem merupakan game konsep open-world dan role playing game buatan BioWare yang dianggap oleh sebagian pengamat menawarkan game yang repetitif.

    Game ini sebelumnya cukup dinantikan karena menawarkan grafis yang bagus. Pemain diceritakan menggunakan senjata exosuit ala Iron Man untuk melawan musuh berupa monster dan robot yang mengganggu manusia di sebuah planet.





    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id