Call of Duty: Mobile Sudah Punya 100 Juta Pengunduh

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 Oktober 2019 12:21 WIB
    Call of Duty: Mobile Sudah Punya 100 Juta Pengunduh
    COD Mobile.
    Jakarta: Game mobile terbaru yaitu Call of Duty (COD) Mobile ternyata berhasil membuat rekor baru. PUBG Mobile dan Fortnite Mobile yang selama ini diklaim sebagai game mobile terpopuler ternyata berhasil disalip oleh COD Mobile.

    Keberhasilan ini sebetulnya sudah tidak diragukan. COD Mobile menggunakan franchise game first person shooter Call of Duty yang sudah dikenal banyak gamer era konsol dan PC.

    Activision sebagai pemilik seri game ini juga menggandeng Timi Studio milik Tencent. Padahal Tencent sendiri juga digandeng oleh PUBG Corp saat menggarap PUBG Mobile.

    Dikutip dari firma riset Sensor Tower, jumlah unduhan seminggu pertama COD Mobile sejak dirilis berhasil menyalip PUBG Mobile dan Fortnite (iOS). Dirilis pada 1 Oktober 2019, COD Mobile sudah mengantongi lebih dari 100 juta unduhan dalam waktu seminggu.

    Di bawahnya ada game Mario Kart Tour milik Nintendo yang dirilis pada 25 September 2019 dan sudah diunduh sebanyak 90 juta kali di minggu pertamanya.

    Call of Duty: Mobile Sudah Punya 100 Juta Pengunduh

    COD Mobile meninggalkan jauh PUBG Mobile dan Fortnite di belakang. PUBG Mobile hanya diunduh sebanyak 28 juta kali di minggu pertama sementara Fortnite yang pertama kali hadir di iOS hanya diunduh sekitar 22 juta kali.

    Sejak hari pertama dirilis COD Mobile memang sudah mengejutkan banyak pihak. Game ini diunduh lebih dari 20 juta kali dalam kurun waktu 24 jam. Di lihat lebih mendalam, Sensor Tower menyebut unduhan COD Mobile paling banyak berasal dari iOS.

    Pengguna smartphone berbasis iOS berkontribusi atas 56,9 juta unduhan atau sekitar 55,7 persen dari total unduhan COD Mobile. Sistem operasi Android berkontribusi atas 45,3 juta unduhan atau sekitar 44,3 persen.

    Mengingat iOS jadi platform yang paling mudah dimonetisasi atau penggunanya paling royal maka COD Mobile juga sudah mengantongi pendapatan yang besar.

    Total pendapatan kotor COD Mobile disebut Sensor Tower sekitar USD17,7 juta atau sekitar Rp251 miliar. Pengguna sistem operasi iOS menyumbang pendapatan USD9,1 juta atau 53 persen dan Android sebesar USD8,3 juta atau 47 persennya.

    Mana negara yang paling banyak mengunduh COD Mobile? Amerika Serikat jadi yang terbesar dengan jumlah unduhan sebanyak 17,3 juta kali atau mewakili 16,9 persen. Hal ini tidak heran mengingat negara ini dikenal sebagai pasar konsol dan PC, dan platform ini jadi awal kelahiran franchise Call of Duty.

    Kedua ada negara India dengan jumlah unduhan sebanyak 13,7 kali atau 13,4 persen kemudian negara ketiga adalah Brazil sebanyak 7,1 juta kali unduhan atau mewakili tujuh persen.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id