comscore

Sindir Xi Jinping, Diablo Immortal Terancam Diblokir di Tiongkok

Cahyandaru Kuncorojati - 28 Juni 2022 10:04 WIB
Sindir Xi Jinping, Diablo Immortal Terancam Diblokir di Tiongkok
Diablo Immortal.
Jakarta: Diablo Immortal menjadi game mobile pertama dari franchise legendaris Diablo milik Blizzard Entertainment (Activision Blizzard). Game ini baru dirilis awal bulan ini dan terus menambah server secara bertahap di berbagai belahan dunia.

Sayangnya, Diablo Immortal kini terancam tidak akan tersedia untuk Tiongkok, bukan hanya gamer yang telah menantikannya merasa kecewa tapi Blizzard juga terancam kehilangan pundi uang mengingat negara tersebut adalah pasar game mobile yang besar.
Dikutip dari situs Dexerto, hal ini dipicu oleh unggahan akun Weibo resmi game Diablo Immortal di Tiongkok. Akun tersebut dilaporkan membuat unggahan yang menyindir presiden berkuasa Tiongkok, Xi Jinping.

Unggahan yang sudha dihapus tersebut bertuliskan “Mengapa Winnie belum juga keluar dari kantornya?”. Di kancah politik global terutama di Tiongkok, analogi Winnie The Pooh diketahui sebagai cibiran terhadap Xi Jinping yang viral beberapa tahun lalu lewat sebuah meme.

Menurut laporan media setempat, pernyataan yang diunggah diartikan sebagai “kapan Xi Jinping mundur dari jabatannya”. Belum diketahui alasan dari akun Weibo resmi Diablo Immortal membuat unggahan tersebut.

Banyak pihak menduga bahwa admin media sosial Diablo Immortal lupa mengganti akunnya, bukannya menggunakan akun sendiri tapi malah tanpa sadar mengunggahnya ke media sosial resmi Diablo Immortal.

Sebagian gamer mungkin sudah mengetahui bahwa game Diablo Immortal tidak digarap sendiri oleh Blizzard melainkan NetEase, studio game mobile ternama yang berbasis di Tiongkok. Apabila kasus ini dianggap serius, maka Diablo Immortal mungkin diblokir dan NetEase akan menerima sanksi.

Dugaan yang muncul NetEase akan menerima sanksi berupa tidak bisa merilis sejumlah game terbaru. Blizzard juga harus menyelamatkan diri, salah satunya dengan mencari mitra lokal Tiongkok yang lain sehingga game mereka bisa tetap dirilis di negara tersebut.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id