Game di Android Bakal Bisa Dimainkan saat Download?

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 Februari 2020 16:09 WIB
    Game di Android Bakal Bisa Dimainkan saat Download?
    Ilustrasi.



    Jakarta: Android sebagai sistem operasi dengan jumlah pengguna terbesar berkontribusi terhadap ekosistem game mobile. Hal ini mulai dilirik oleh Google sebagai penciptanya untuk mulai membangun layanan yang lebih baik.

    Sebuah rumor beredar bahwa Google sedang mengembangkan fitur yang ditujukan untuk gaming di smartphone Android. Fitur ini akan membuat pengguna bisa memainkan game meskipun proses download atau unduh game tersebut belum selesai.

     



    Diktutip dari Android Authority informasi ini diketahui oleh pengguna di forum XDA-Developer. Mereka menemukan sebuah file dari Android versi terbaru yang memperlihatkan pengembangan fitur yang bernama Incremental File System.

    Dijelaskan bahwa Incremental File System membuat aplikasi terutama game bisa digunakan meskipun proses download masih berjalan. Jelas fitur ini akan sangat membantu bagi game yang berukuran besar.

    Misalnya game ukuran PUBG Mobile dan GTA: San Andreas di Android. Contoh pada PUBG Mobile, apabila tersedia update di awal aplikasi, maka proses update akan berjalan dan game tidak bisa dimainkan hingga update selesai.

    Fitur terbaru ini akan membuat game di smartphone Android seperti di konsol PlayStation maupun Xbox saat ini. Jadi pemain akan diberikan pilihan apakah ingin mengunduh update atau menundanyam tapi mereka tetap bisa memainkan game.

    Konsekuensinya, ada beberapa fitur yang tidak bisa diakses karena proses unduh masih berjalan atau update belum dilakukan. Di smartphone, sebuah game atau aplikasi kerap tidak bisa digunakan apabila belum melakukan update.

    Pengguna lain di forum XDA-Developers mengungkapkan bahwa fitur ini sudah mulai diuji pada smartphone Google Pixel 4 XL. Dugaan lain menyebutkan fitur tersebut tidak akan hadir di Android 11 dan disiapkan untuk Android 12.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id