Pandemi Virus Korona, Gaming Jadi Kegiatan Paling Menyedot Internet

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 Maret 2020 09:22 WIB
    Pandemi Virus Korona, Gaming Jadi Kegiatan Paling Menyedot Internet
    Ilustrasi. (Pexels)
    Jakarta: Berbagai negara sudah menerapkan lockdown bagi wilayahnya dna mengimbau masyarakatnya untuk mengisolasi diri atau bekerja dari rumah. Semua komunikasi dan kegiatan akan sangat bergantung kepada internet.

    Kenyataannya, bukan bekerja dari rumah yang berkontribusi atas meningkatnya konsumsi internet melainkan bermain game. Misalnya di AS, konsumsi internet di negara tersebut 75 persen digunakan untuk bermain game, menurut data operator Verizon.

    Dikutip dari Gamespot, Verizon yang telah melakukan peningkatan kapasitas layanannya mencatat data yang mengungkapkan bahwa gaming jadi kegiatan paling populer sejak kebijakan lockdown dan imbauan isolasi diri diterapkan oleh pemerintah dan masyarakat.

    Konsumsi data untuk kegiatan bermain game meningkat 75 persen dibandingkan biasanya sementara aktivitas seperti video streaming naik 12 persen. Angka rata-rata lalu lintas kegiatan berinternet naik menjadi 20 persen dan penggunaan VPN (Virtual Private Network) naik menjadi 34 persen.

    Penggunaa VPN meningkat karena banyak perusahaan menggunakan layanan ini demi menjaga keamanan komunikasi dan pekerjaan mereka saat bekerja dari rumah. Justru konsumsi internet untuk media sosial tercatat tidak terjadi peningkatan siginifikan menurut Verizon.

    Faktanya, peningkat konsumsi internet untuk bermain game juga dibenarkan oleh pihak penyedia layanan game. Misalnya, Microsoft Xbox, PlayStation, dan Nintendo yang layanannya sempat tumbang. Hal ini diakibatkan jumlah gamer yang online mendadak meningkat dalam waktu yang bersamaan.

    Kemungkinan hal ini mengakibatkan server layanan mengalami kelebihan beban kerja karena belum sempat mempersiapkan peningkatan layanan. Xbox Live dan PlayStation Network sempat tumbang beberapa jam.

    Hari ini layanan Nintendo eShop juga tumbang di beberapa negara. Layanan pendukung lainnya seperti Discord dan Twitch juga sempat bermasalah karena banyak pengguna yang mengaksesnya dalam waktu bersamaan di luar prediksi.

    Layanan Steam juga merilis data bahwa mereka mendapatkan rekor baru jumlah gamer yang online bersamaan di layanannya. Juga mereka merilis data game apa saja yang paling banyak dimainkan oleh gamer saat ini.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id