Dianggap Kasar, EA Blokir Permanen YouTuber

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 Februari 2020 10:02 WIB
    Dianggap Kasar, EA Blokir Permanen YouTuber
    YouTuber game sekaligus pro player FIFA, Kurt Fenech. (EA Sports)
    Jakarta: Kasus pemblokiran permanen oleh pembuat game kepada YouTuber kembali terjadi. Kali ini menimpa YouTuber game Kurt Fenech dengan nama in-game Kurt0411 yang diblokir permanan oleh Electronic Arts.

    Hal ini bukan yang pertama kali dialami oleh Fenech. Di November 2019 dia menerima blokie permanen dari Electronic Arts untuk game FIFA. Saat itu dia menerima hukuman karena kerap dilaporkan memberikan ucapan kasar di dalam game atau pemain lain.

    Kini Electronic Arts kembali memberikan hukuman baru dengan memblokir Fenech bermain semua game yang dirilis oleh perusahaan tersebut, dikutip dari Polygon. Informasi ini bahkan diumumkan langsung oleh Electronic Arts melalui situs resmi.

    "Sejak saat itu (2019) dia terus membuat unggahan beranda kasar dan mengirim pesan berisi ancaman terhadap pegawai EA (Electronic Arts) di media sosial serta mengajak yang lain melakukan hal yang sama," tulisnya.

    "Pesan yang disampaikan sudah melewati batas kesopanan dan mengarah kepada penyerangan personal yang melanggar kebijakan layanan. Kami tidak akan menoleransi sikap ini. Per hari ini akun EA dari Kurt0411akan diblokir untuk memainkan semua game kami," jelas Electronic Arts.

    Fenech sejak lama memang sangat vokal mengkritik kualitas game FIFA beberapa tahun belakangan. Namun laporan gamer lain juga mengeluhkan bahwa dia suka melontarkan kata kasar saat bermain game secara online.

    Jadi Electronic Arts menyatakan bahwa perusahaannya terbuka terhadap kritik yang membangun, tapi keputusan ini juga melihat dari laporan gamer lain.

    Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Fenech maupun penggemarnya juga melontarkan pesan bernada kasar dan ancaman ke akun media sosial pegawai Electronic Arts. Bahkan beberapa akun diklaim diretas menjadi berisi dukungan kepada Fenech.

    Beberapa waktu lalu perusahaan game lain yaitu Epic Games juga memberikan banned permanen kepada YouTuber Jarvis "Jarvis" Khattri usia 17 tahun yang juga pro player dari tim esports FaZe Clan untuk game game Fortnite.

    Epic Games menjatuhkan banned permanen karena Jarvis memamerkan penggunaan cheat saat memamerkan permainan Fortnite di akun YouTube. Hal ini menerima respon pro dan kontra dari publik karena hukuman ini dianggap terlalu berat melebihi peserta turnamen yang ketahuan menggunakan cheat.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id