PlayStation 5 vs Project Scarlett, Mana yang Lebih Mumpuni?

    Ellavie Ichlasa Amalia - 19 Juni 2019 15:25 WIB
    PlayStation 5 vs Project Scarlett, Mana yang Lebih Mumpuni?
    Ilustrasi.
    Jakarta: Generasi berikutnya dari PlayStation dan Xbox baru akan diluncurkan paling cepat tahun depan. Namun, Sony dan Microsoft telah membocorkan beberapa detail tentang konsol baru buatan mereka. 

    Antara PlayStation 5 dari Sony dan Project Scarlett dari Microsoft, mana yang lebih tangguh?
    Baik PlayStation 5 dan Project Scarlett menggunakan prosesor yang didasarkan pada arsitektur 7nm Zen 2 dari AMD. Keduanya juga akan menggunakan AMD Radeon Navi GPU. Sayangnya, saat ini, masih belum diketahui clock speed dari CPU atau GPU yang akan digunakan pada  kedua konsol. Namun, dua konsol ini akan menggunakan RAM GDDR6, mendukung resolusi hingga 8K, dan hardware ray tracing, lapor Hot Hardware

    PlayStation 5 dan Project Scarlett juga akan mendukung backwards compatibility. Itu artinya, Anda akan bisa memainkan game PlayStation 4 dan PlayStation VR pada PlayStation 5. Sementara Project Scarlett kompatibel dengan game dari Xbox One, Xbox 360, dan Xbox. 

    CEO PlayStation, Jim Ryan belum lama ini mengatakan bahwa mereka akan memudahkan transisi para gamer dari konsol yang ada saat ini ke konsol generasi terbaru. "Anda akan tetap bisa berteman dengan siapa saja, tak peduli mereka menggunakan PlayStation 4 atau konsol generasi baru," ujarnya. 

    Microsoft berjanji, Project Scarlett akan diluncurkan pada musim liburan 2020, bersamaan dengan peluncuran game terbaru dari franchise Halo, Halo Infinite. Sementara itu, Sony belum mengumumkan tanggal peluncuran dari konsol barunya. Namun, diduga, PlayStation 5 juga akan diluncurkan pada waktu yang sama. 

    Soal harga, ada perdebatan tentang perkiraan harga dari kedua konsol. Analis Wedbush Securities, Michael Pachter mengatakan pada GamingBolt bahwa dua konsol ini kemungkinan memiliki nilai USD500 (Rp7,1 juta). Namun, dia percaya, Microsoft akan memangkas harga konsolnya menjadi USD399 (Rp5,7 juta) dan Sony akan melakukan hal yang sama. 

    Jadi, mana yang lebih mumpuni? Dari segi spesifikasi dan harga, generasi berikutnya dari PlayStation dan Xbox sangat mirip. Kemungkinan, angka penjualan dari kedua konsol itu akan ditentukan berdasarkan game yang tersedia untuk masing-masing konsol dan juga layanan langganan yang tersedia. 

    Di Indonesia, hal lain yang akan memengaruhi angka penjualan adalah kemudahan untuk membeli konsol. 



    (ELL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id