PUBG Mobile Diblokir India, Saham Tencent Merosot

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 September 2020 10:12 WIB
    PUBG Mobile Diblokir India, Saham Tencent Merosot
    Ilustrasi (Getty Images)
    Jakarta: Imbas pemblokirann game PUBG Mobile yang dilakukan India kemarin kini dikabarkan mulai terasa dampaknya kepada Tencent sebagai pemilik lisensi game tersebut. Saham Tencent dilaporkan merosot akibat kondisi ini.

    Saham Tencent dikabarkan merosot hingga lebih dari dua persen kemarin, 3 September 2020, menurut data yang disediakan Hong Kong Stock Exchange. Diketahui bahwa sebelum hari Rabu kemarin, PUBG Mobile termasuk dalam aplikasi Tiongkok yang aman dari pemblokiran.

    Dikutip dari stius Entrackr, hal ini tidak terlepas dari kontribusi jumlah pemain PUBG Mobile India terhadap Tencent. Data yang dikutip mengklaim bahwa India menyumbang sebanyak 24 persen atau 175 juta kali unduhan game PUBG Mobile dari total 734 juta kali unduhan yang dikumpulkan game tersebut hingga bulan Juni lalu.

    Meskipun begitu, keuntungan yang didapatkan Tencent dari game PUBG Mobile masih lebih besar dari Tiongkok. Di bulan Agustus, pasar Tiongkok berkontribusi atas 60 persen pendapatan Tencent yaitu mencapai USD154,5 juta. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan yang diperoleh dari pasar India.

    Di bulan yang sama diklaim kontribusi pendapatan game PUBG Mobile di India kepada Tencent hanya di kisaran satu persen atau USD1,5 juta saja. Jadi meskipun saham Tencent merosot tapi kerugian dari sisi pendapatan sama sekali tidak berdampak besar.

    Prediksi ini sesuai dengan analisis pengamat industri bisnis yang beberapa waktu lalu menyatakan bahwa Tencent tidak akan terlalu merugi akibat pemblokiran game PUBG Mobile di India, dikutip dari South China Morning Post.

    "India hanya berkontribusi kecil terhadap pasar game global, sekitar satu persen dari nilai lebih dari USD150 miliar. Jadi pasarnya (India) bagi publihser game global besar masih tergolong kecil dampaknya," jelas peneliti di Bloomberh Intelligence, Matthew Kanterman.
     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id