Gamer Tidak Aman, Beredar Cheat Canggih Pakai Machine Learning

    Cahyandaru Kuncorojati - 12 Juli 2021 13:18 WIB
    Gamer Tidak Aman, Beredar Cheat Canggih Pakai Machine Learning
    Call of Duty Warzone.



    Jakarta: Machine learning adalah teknologi masa depan yang saat ini sudah digunakan dan terus dikembangkan untuk membuat sebuah mesin bisa belajar sehingga memiliki kecerdasan. Teknologi ini lebih sering diadopsi di sektor industri namun bagaimana jadinya apabila diterapkan pada game?

    Baru ini beredar software cheat yang dijual bebas. Tentu saja hal ini dilarang karena bisa merusak ekosistem sebuah game yang kompetitif namun hal yang menarik adalah teknologi dibalik cheat tersebut. Cheat tersebut dibuat berdasarkan teknologi machine learning.

     



    Dikutip dari Eurogamer, akun Twitter bernama Anti-Cheat Police Department yang merupakan komunitas anti-cheat di dalam game mengungkap sebuah software cheat yang mengandalkan machine learning. Teknologi di baliknya membuat cheat tersebut lebih ampuh alias akurat di dalam game.
     
    Menurut investigasi yang diungkapkan, software cheat bernama User Vision Pro ini mengandalkan rekaman gameplay yang diambil lewat card capture yaitu alat yang biasa digunakan untuk broadcaster melakukan live stream.  Data tersebut kemudian diolah oleh software berbasis machine learning.

    Di video yang diperlihatkan Twitter Anti-Cheat Police Department, di sini software cheat bisa melakukan auto aim dan auto shots alias otomatis membidik dan menembak. Jadi pengguna cheat hanya cukup berjalan dan mengarahkan bidikan seperti biasa, semuanya akan dilakukan oleh software.

    Video yang beredar memperlihatkan bahwa akurasi bidikan sangat sempurna dan software secara akurat bisa membedakan mana lawan dan kawan. Anti-Cheat Police Department mengklaim bahwa software ini bisa terdeteksi namun tidak mudah.

    Kabar buruknya, software cheat ini sudah tersedia untuk PC dan konsol. Activision sendiri mulai mengambil tindakan setelah melihat cheat tersebut diimplementasikan pada game Call of Duty Warzone.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id