Pangkas Produksi, PS5 Bakal Semakin Langka Saat Dirilis

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 September 2020 14:26 WIB
    Pangkas Produksi, PS5 Bakal Semakin Langka Saat Dirilis
    PS5.
    Jakarta: Sony masih menyimpan rapat tanggal rilis dan harga PS5 yang direncanakan tersedia akhir tahun ini. Kabar buruknya stok konsol ini kemungkinan akan sangat sulit dijumpai dipasar akibat Sony memangkan produksinya.

    Di pertengahan tahun, Sony sempat berjanji melipat gandakan produksi gelombang pertama PS5 hingga data terakhir adalah 15 juta unit. Kini dilaporkan Sony memangkasnya sebanyak empat juta unit sehingga menyisakan 11 unit untuk dibagi ke berbagai negara.

    Dikutip dari Games Radar, Sony memangkas jumlah produksi unit PS5 untuk gelombang pertama saat dirilis diakibatkan adanya masalah pada custom-designed chipset atau prosesor di konsol ini. Jadinya hingga bulan Maret 2021 hanya akan dirpoduksi sebanyak 11 juta unit PS5.

    Menurut pengamat industri game ternama Daniel Ahmad, hal ini tentu saja akan berakibat pada stok suplai konsol PS5 di pasar periode tahun 2021. Jumlah ketersediaan stok PS5 di pasar pada enam bulan pertama saat dirilis nanti disebut hanya berbeda tipis dari konsol PS4 saat dirilis tahun 2013 silam.

    Daniel menilai permasalah produksi yang terjadi jelang produksi rilis memang hal yang wajar, misalnya menemukan masalah pada perangkat. Namun hal tersebut jelas akan mengganggu ketersedia suplai atau stok perangkat di pasar.

    Melihat Microsoft Xbox Series X dan Series S yang bakal menjadi pesaing PS5 bakal dipasarkan pada periode yang sama. Maka kondisi ini mungkin bisa membuat PS5 sedikit kehilangan pasar dari Xbox akibat produk yang langka.

    Xbox Series S bakal menjadi versi terjangkau dari versi Xbox Series X sementara PS5 digital version adalah versi murah dari PS5 reguler. Keduanya bakal bersaing dari segi harga dan fitur. Menyoal performanya, kedua konsol sama-sama memodifikasi CPU dan GPU buatan AMD.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id