Mirip PC, Xbox Series X Rilis Tahun Depan

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Desember 2019 14:33 WIB
    Mirip PC, Xbox Series X Rilis Tahun Depan
    Xbox Series X.
    Jakarta: Persaingan konsol game di tahun 2020 telah dimulai akhir pekan ini. Hari Jumat lalu, 13 Desember 2019, Microsoft mengumumkan konsol generasi terbaru di acara Game Awards 2019. Mereka memperkenalkan Xbox Series X.

    Hal ini sangat menarik sekaligus membingungkan. Xbox akhirnya mengungkapkan konsol generasi selanjutnya tapi tidak diketahui apakah ini merupakan bentuk dari Xbox Project Scarlett. Konsol terbaru ini punya desain mirip PC.

    Meskipun pihak Xbox menyatakan bahwa konsol Xbox Series X bisa digunakan dalam mode vertikal maupun horizontal, bentuknya saat ini jauh dari sifat konsol yang sebetulnya masih agak mobile dan memiliki estetika untuk ditaruh di ruang keluarga.

    "Xbox Series X akan memberikan empat kali kekuatan pemrosesan Xbox One X, namun lebih sunyi dan efisien," tutur Head of Microsoft Xbox, Phil Spencer dikutip dari The Verge. Klaim ini dianggap sebagai jawaban atas kritik penggemar Xbox terhadap desain konsol terbaru.

    Xbox Series X menggunakan CPU AMD berbasis arsitektur Zen 2 yang dikustomisasi khusus konsol ini. Di bagian GPU ada AMD Radeon Navi yang juga didesain khusus. Xbox Series X diklaim bisa medukung resolusi game 8K.

    Kualitas grafisnya didukung juga kemampuan frame rate 120fps dan ray tracing. Konsol ini menggunakan perangkat penyimpanan SSD NVMe, bukan lagi SSD SATA. Xbox sendiri belum memamerkan secara mendetil performa dari konsol generasi terbarunya.

    Mengingat Sony PlayStation juga akan merilis konsol generais terbaru di tahun 2020 pada musim libuaran Natal. Artnya, masih di akhir tahun 2020. Hal ini bisa memberikan waktu bagi developer game baru untuk menyesuaikan karya mereka ke platform terbaru.

    Aman bagi Xbox untuk mengklaim konsol terbarunya punya kemampuan lebih baik. Bentuk asli dari PlayStation 5 juga masih misterius. Beberapa waktu lalu muncul jawaban mengenai desain aneh dari PlayStation 5 yang ternyta merupakan perangkat SDK yang digunakan oleh developer game.

    Konsol terbaru Sony juga menjanjikan peningkatan performa termasuk pengalaman bermain lewat fitur baru di controller miliknya. Sementara tidak diketahui apakah Xbox membawa pengalaman baru di controller konsolnya.

    Microsoft Xbox juga belum mengumumkan harga rilis resmi dari Xbox Series X. Melihat kemampaun atau performa yang disajikan mungkin saja harganya akan mengalami peningkatan juga.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id