Facebook Akhirnya Terjun ke Cloud Gaming, Begini Bentuknya

    Cahyandaru Kuncorojati - 27 Oktober 2020 11:53 WIB
    Facebook Akhirnya Terjun ke Cloud Gaming, Begini Bentuknya
    Fitur cloud gaming di Facebook.
    Jakarta: Facebook akhirnya menyusul NVIDIA, Google Stadia, dan Microsoft Project xCloud untuk terjun ke industri gaming lewat platform cloud gaming. Teknologi ini memungkinkan game bisa dimainkan di berbagai perangkat tanpa harus diunduh dan pusing memikiran spesifikasi perangkat.

    Kabar ini diumumkan di situs resmi Facebook Gaming oleh VP of Play Facebook, Jason Rubin. Di Indonesia sendiri Facebook Gaming hanya menjadi forum komunitas dan platform streaming segmen gaming seperti Twitch.

    Fitur cloud gaming yang baru tersedia di kawasan Amerika Serikat ini akan menyajikan pengalaman bermain game secara streaming tapi bisa dibilang sebagai versi ringan dari cloud gaming yang ditawarkan NVIDIA, Google Stadia, dan Microsoft Project xCloud.

    Cloud gaming dari Facebook akan tetap tersedia di dalam aplikasi Facebook. Jadi siapapun bisa langsung memainkan game di dalam media sosial Facebook tanpa harus mengunduh game tersebut. Game yang disediakan masih terbatas.

    Game yang disediakan mulai dari Asphalt 9: legends, Mobile Legends: Adventure, PGA Tour Golf Shootout, Solitaire Arthur's Tale, WWE SuperCard. Rubin memang menyebutkan bahwa game yang akan tersedia adalah game gratis alias free-to-play.

    "Kami memulainya dengan game yang ramah latensi sehingga bisa meneydiakan pengalamana terbaik kepada semua pemain d berbagai perangkat," tulis Rubin. Melihat daftar game tadi memang tergolong sangat ringan dan sekelas game mobile.

    Langkah ini menyiratkan Facebook belum mau bersaing langsung dengan pemain cloud gaming yang menawarkan game berat sekelas AAA, tapi masih mengalami kendali di koneksi internet dan latensi. Selain itu, Facebook juga terkesan masih ingin mengeksplorasi pengalaman bermain game di smartphone.

    Hal ini bisa diterima mengingat media sosial Facebook besar lewat perangkat smartphone dan jenis perangkat ini masih lebih populer atau bisa diakses semua orang dibandingkan konsol dan PC. Saat ini cloud gaming dari Facebook juga baru hadir di Android.(MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id