Pencipta Cheat Game Contra Konami Tutup Usia

    Cahyandaru Kuncorojati - 27 Februari 2020 10:09 WIB
    Pencipta Cheat Game Contra Konami Tutup Usia
    Game Contra buatan Konami di era Nintendo NES.
    Jakarta: Di era game multiplayer, cheat dipandang sebagai cara curang. Namun, di awal kehadirannya cheat sangat membantu gamer menyelesaikan game yang sulit. Tentunya ada sosok pembuat cheat dibalik setiap game yang mendukung fitur ini.

    Dilaporkan bahwa perusahaan game Konami sedang berduka. Pencipta cheat di game buatan Konami sejak era konsol Nintendo telah tutup usia. Pria bernama Kazuhisa Hashimoto telah wafat di usia 61 tahun. Dia berjasa menanamkan cheat di game buatan Konami.

    Dikutip dari The Verge, hal menarik dari Hashimoto adalah semua cheat yang diciptakan di setiap game memiliki kombinasi yang sama. Hal ini diperlihatkan dari unggahan akun Twitter Konami sebagai bentuk ucapan duka cita.

    Satu game legendaris buatan Konami yang pertama kali mendukung cheat adalah game Contra di tahun 1988 yang dimainkan di konsol Nintendo NES. Kombinasi cheat yang dibuat Hashimoto akan bisa menyediakan tambahan 30 nyawa di dalam game.
     
    Kombinasi cheat yang sama juga masih berfungsi game yang lain. Misalnya, game Teenage Mutant Ninja Turtles III: The Manhattan Project tahun 1991, seri Dance Dance Revolution di berbagai tahun rilis, kemudian game Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty tahun 2001 hingga Castlevania: Lord of Shadows di 2010.

    Faktanya, di luar game buatan Konami ternyata kombinasi cheat buatan Hashimoto juga masih digunakan. Misalnya game Mario Party, BioShock Infinite, Borderlands 2, hingga game terkini yaitu Anthem. Bahkan Fortnite buatan Epic Games juga menggunakan cheat ini.

    Dikisahkan bahwa Hashimoto menanamkan cheat di game buatan Konami dalam proses pengujian atau playtesting. Saat itu dia merasa game yang dibuat terlalu sulit termasuk bagi dirinya sendiri sebagai pembuat game. Cheat ini dibuat untuk memudahkan permainan.

    Namun tanpa alasan yang jelas, akhirnya Konami memutuskan untuk tetap menjual game mereka tanpa menghapus dukungan cheat yang ada. Sejak saat itu cheat menjadi mulai populer.

    Total ada lebih dari 100 game buatan Konami yang mendukung cheat ini. 22 game buatan perusahaan lain juga menggunakan cheat yang sama sebagai bentuk penghormatan



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id