Review Game

    Death Stranding: Aneh di Awal, Bikin Penasaran Belakangan

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 28 Februari 2020 11:50 WIB
    Death Stranding: Aneh di Awal, Bikin Penasaran Belakangan
    Death Stranding.
    Jakarta: Sambil menunggu jajaran game teranyar untuk tahun 2020, beberapa waktu lalu kami selesai memainkan Death Stranding. Seperti yang sudah kita ketahui, ini adalah game buatan Hideo Kojima, sosok fenomenal di balik game Metal Gear Solid. Sejak berpisah dari Konami, ia sudah sangat berambisi menciptakan game dengan konsep yang eksentrik.

    Harus diakui, Metal Gear Solid juga punya unsur eksentrik, dan berubah menjadi lebih membosankan saat tidak dipegangnya. Death Stranding menjadi buah pemikiran dia yang cukup unik, dan ternyata berhasil memenangkan beberapa penghargaan di Game Awards. Seperti apa gameplay yang ditawarkan? Berikut ulasan Medcom.id.

    Begitu memulai permainan, Anda langsung dibawa ke dalam satu dunia fantasi dengan grafis yang cukup mengagumkan. Death Stranding mengisahkan seorang kurir bernama Sam Porter Bridges. Kurir bukanlah pekerjaan biasa dalam game ini.

    Akibat berbagai fenomena yang terjadi, hanya orang-orang “terpilih” dan punya keberanian yang bisa menjelajah dunia secara terbuka. Seiring dengan jalan permainan, Anda akan menyadari bahwa menjadi kurir juga punya berbagai macam tantangan dan beban hidup. Beban hidup ini bahkan cukup kompleks.

    Death Stranding: Aneh di Awal, Bikin Penasaran Belakangan

    Tak perlu lama, pemain akan disuguhi prolog yang cukup singkat, dan memang mengundang banyak pertanyaan. Satu-satunya cara untuk menjawab semua pertanyaan itu adalah dengan menggerakkan Sam dan mulai mengikutinya bekerja.

    Penggambaran dunia fantasi Death Stranding juga memiliki banyak misteri sejak awal permainan. Dataran rendah bercampur tinggi yang sangat luas, padang rumput hijau yang menyejukkan, tetapi aneh karena hampir tidak ada manusia yang bisa Anda jumpai di perjalanan.

    Ini karena dunia, lebih tepatnya Amerika Serikat fantasi pada saat itu telah mengalami satu fenomena bernama Death Stranding. Dari sini, akan muncul banyak istilah yang menurut saya cukup banyak dan unik. Mengenal semua istilah tersebut akan langsung mengingatkan Anda pada karakteristik Death Stranding.

    Death Stranding: Aneh di Awal, Bikin Penasaran Belakangan

    Dunia fantasi Death Stranding adalah Amerika Serikat yang kini tak layak huni secara terbuka. Akibat peristiwa Death Stranding, manusia harus berlindung di dalam kota bawah tanah dari udara luar yang memberikan banyak efek. Hujan atau timefall bisa membuat benda yang disentuhnya cepat usang, termasuk manusia.

    Ditambah BT yang sering muncul setiap timefall yang tidak pernah berhenti di tempat tertentu. Ada juga MULE, manusia yang hidup secara mandiri tetapi mencoba mencuri kargo dari setiap kurir yang lewat. Ini juga berdampak pada distribusi logistik, sehingga pengiriman harus dilakukan secara perorangan. Oleh karena itu, kurir merangkap kuli menjadi pekerjaan paling berat.

    Jalan cerita berkembang seiring dengan misi yang harus Sam ambil. Misinya tak lain adalah mengirim kargo ke berbagai tempat. Selain kargo, ia juga bertugas menghubungkan setiap lokasi dengan jaringan yang disebut chiral network. Jaringan ini seperti internet di dunia nyata.

    Death Stranding: Aneh di Awal, Bikin Penasaran Belakangan

    Namun, tak semua shelter bersedia menghubungkan dirinya, karena ada unsur politis yang akan terkuak seiring permainan. Sebagai kurir, Sam juga harus memastikan kargo yang dibawanya dalam keadaan aman dan utuh. Tak mudah mengirimkan kargo karena hampir tak ada pendukung jalur distribusi.

    Ini berarti Sam harus menyeberangi sungai, mendaki gunung, sampai melewati wilayah MULE. Oleh karena itulah penting bagi Sam untuk menyiapkan berbagai perlengkapan tambahan seperti tangga, tali gantung, atau penopang kargo khusus.

    Salah satu fitur unggulan Death Stranding adalah konsep singleplayer yang mendapatkan sedikit unsur multiplayer. Anda bisa berbagi rute dan peta yang sudah dilengkapi dengan berbagai perlengkapan kepada pemain lain, begitu juga sebaliknya.

    Death Stranding: Aneh di Awal, Bikin Penasaran Belakangan

    Saat satu wilayah telah terhubung dengan chiral network, Anda bisa langsung melihat berbagai informasi penting mengenai wilayah, seperti lokasi MULE atau BT, tempat timefall sering muncul, dan perlengkapan yang bisa mendukung pergerakan Anda. Ini berarti Anda tidak perlu berjuang sendiri saat menciptakan rute pengiriman tercepat.

    Saya sendiri mencoba menciptakan rute pengiriman cepat tanpa menggunakan mobil pengangkut atau reverse trike. Caranya adalah dengan membangun zip-line, yang sangat berguna saat Anda berada di wilayah pegunungan. Tidak hanya cepat, zip-line ini juga bisa dibangun dengan mudah.

    Saat membicarakan konflik fisik, Sam akan sering berhadapan dengan MULE dan BT. Jika MULE adalah manusia, BT merupakan makhluk yang bisa dibilang sebagai “arwah penasaran” dan punya kekuatan membawa Anda ke dunia lain.

    Fenomena Death Stranding menyebabkan pembunuhan adalah hal yang tabu, karena manusia yang mati tidak akan masuk ke dunia lain, dan menjadi musuh yang menakutkan di dunia manusia.

    Death Stranding: Aneh di Awal, Bikin Penasaran Belakangan

    Saat berhadapan dengan BT, Sam bisa kabur sampai aman atau menghadapi mereka langsung. Ketika kalah, Sam tidak akan mati, tetapi dampak dari kematiannya ini adalah ledakan besar yang akan membekas di dunia pemain.

    Untuk menghadapi BT, ia dilengkapi senjata dengan peluru khusus yang berisi darahnya sendiri, dan kotak berisi bayi hidup yang dinamai BB. Bayi ini dapat mendeteksi lokasi BT, sehingga perannya sangat berguna ketika Anda ingin menghindari pertarungan yang sulit.

    Fitur utama saat Death Stranding diumumkan adalah kehadiran aktor dan aktris ternama. Sebut saja Norman Reedus yang juga bermain di seri The Walking Dead, sutradara Guillermo Del Toro, Lea Seydoux, Troy Baker, bahkan sampai Mads Mikkelsen.

    Tak ketinggalan sosok penting di industri game, seperti sang kreator Hideo Kojima, dan Geoff Keighley. Ini memang bisa meningkatkan minat bermain karena wajah-wajah yang familier di industri perfilman.

    Death Stranding: Aneh di Awal, Bikin Penasaran Belakangan

    Secara keseluruhan, teknik permainan yang dinamis dan khas ini membuat Death Stranding memiliki gaya permainan yang eksklusif. Ini sangat berbeda dengan game pada umumnya yang memberikan kesempatan kepada pemain untuk menyelesaikan konflik dengan kekerasan.

    Anda diberikan pilihan yang cukup banyak untuk menyelesaikan konflik tersebut. Dengan perlengkapan yang tepat, Sam bisa menyelesaikan pengirimannya secara cepat. Kualitas grafis Death Stranding juga tak perlu diragukan, karena berhasil menggambarkan lingkungan dunia lingkungan luas, topografi unik dan menantang, tak lupa dengan efek visual yang mengagumkan.

    Satu-satunya kekurangan yang saya lihat adalah karakter antagonis utama, yang setelah bermain selama beberapa waktu, Anda akan sadar ia kurang punya jiwa penjahat yang kuat.

    Kesimpulan
    Death Stranding adalah game yang luar biasa. Tidak heran jika ia berhasil memenangkan berbagai penghargaan. Konsep eksentrik yang sudah menjadi ciri khas Hideo Kojima sangat terlihat, mulai dari cerita, gameplay, sampai pemetaan dunia.

    Cara bertempur yang tidak biasa juga menjadi keunggulan berikutnya. Tak ketinggalan banyak aktor dan aktris ternama yang mengisi tidak hanya dari suara, tetapi juga dari aspek visual. Raut muka dan gaya interaksi yang apik membuatnya seperti menonton film.
     
    PLATFORM PlayStation 4
    DEVELOPER Kojima Productions
    PUBLISHER Sony Interactive Entertainment
    TANGGAL RILIS 8 November 2019
    GENRE Action
     
     
    9.5
    Death Stranding
    Plus
    • Visual mengagumkan
    • Gameplay eksentrik
    • Fitur berbagi dengan pemain multiplayer
    • Karakter musuh BT dan MULE
    Minus
    • Karakter antagonis yang dibangun lemah


     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id