Produksi Nintendo Switch Terkendala Virus Korona

    Cahyandaru Kuncorojati - 06 Februari 2020 18:37 WIB
    Produksi Nintendo Switch Terkendala Virus Korona
    Nintendo Switch.
    Jakarta: Virus Korona kembali mengusik industri game, kali ini berkaitan dengan hingga produksi perangkat gaming. Dilaporkan bahwa Nintendo merasakan imbas virus Korona terhadap perekomian dan bisnis.

    Pihak Nintendo mengakui hal ini dan pasokan perangkat Nintendo Switch bakal mulai terganggu. Nintendo Switch baru saja merilis perangkat bertema game Animal Crossing yang sempat populer.

    Dikutip dari The Verge, Nintendo mengakui Switch tema tersebut bakal mengalami kendalam dalam produksinya. Hal ini juga akan dirasakan pada beberapa aksesoris seperti Nintendo Joy-Con dan Ring Fit.

    Ring Fit merupakan controller interaktif untuk game Ring Fit Adventure yang digunakan pada sebuah game yang mengajak penggunanya untuk bergerak alias berolahraga. Nintendo meyatakan permintaan maaf melalui situs resminya. 

    "Akibat wabah virus Korona yang terjadi penundaan produksi dan pengiriman untuk Nintendo Switch serta aksesorisnya tidak terhindarkan lagi. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," tulis Nintendo.

    Dia menyebutkan stok Nintendo Switch dan aksesoris Ring Fit mungkin akan sangat minim di pasar domestik (Jepang). Penelusuran lebih mendalam ditemukan bahwa produksi Nintendo Switch dari Tiongkok ternyata digunakan untuk menyuplai pasar Jepang.

    Nintendo sendiri memenuhi permintaan pasar Amerika dan Eropa dengan produksi dan supply chain dari kawasan Asia Tenggara. Hal ini dilakukan untuk menghindari tarif impor produk Tiongkok yang diberlakukan Amerika Serikat kepada negara tersebut.

    President Nintendo, Shuntaro Furukawa sudah meminta maaf kepada investor karena pasokan aksesoris Ring Fit dari Nintedo Switch untuk pasar Asia Timur dilaporkan sudah menipis.

    Pemerintah Tiongkok telah menginstruksikan perusahaan manufaktur di negaranya untuk menutup bisnis mereka setidaknya dua minggu. Pekerjanya juga diimbau untuk tetap tinggal di rumah demi mencegah penyebaran lebih luas virus Korona.

    Nintendo juga sudah membuat pengumuman membatalkan turnamen Pokemon Video Game Championship yang direncanakan berlangsung di Hong Kong. Turnamen ini dijadwalkan berlangsung tanggal 9-23 Februari 2020.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id