Studio Pencipta Seri Game Mario & Luigi Bangkrut

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 Oktober 2019 16:12 WIB
    Studio Pencipta Seri Game Mario & Luigi Bangkrut
    Karakter Mario & Luigi.
    Jakarta: Di saat franchise game Mario miliki Nintendo masih sangat populer dan terus digarap hingga ke Nintendo Switch ternyata ada studio game yang justru bangkrut karena masalah finansial pemgembangan franchise tersebut.

    Sebuah studio bernama AlphaDream yang berdiri sejak tahun 1991 serta ikut menggarap franchise game Mario gulung tikar karena tidak memiliki biaya pengembangan game.

    Dikutip dari Gematsu, laporan Yahoo! Jepang AlphaDream terkenal lewat seri game Mario & Luigi RPG. Studio ini sempat berjaya dengan berhasil mengantongi keuntungan sebesar JPY300 juta atau sekitar Rp39,5 miliar di tahun 2014.

    Laporan menyebutkan bahwa di tahun 2018, studio AlphaDream memiliki utang mencapai JPY465 juta atau sekitar Rp61,4 miliar. Mereka menyebut utang yang sangat besar ini karena desakan biaya pengembangan game yang sangat besar tapi keuntugan penjualan terus menurun.

    Studio AlphaDream pertama kali merilis seri Mario & Luigi RPG di tahun 2003 dengan judul Mario & Luigi: Superstar Saga untuk Game Boy Advance. Kemudian mereka membuat empat seri game lagi dan terakhir adalah Mario & Luigi: Paper Jam di Nintendo 3DS tahun 2016.

    Mereka juga sempat membuat remake dari game lama di Nintendo 3DS yaitu Bowser's Inside Story dan Mario & Luigi: Superstar Saga. AlphaDream juga membantu membuatkan dua game adaptasi anime Hamtaro di tahun 2004 dan 2008.

    Sebelumya, dilaporkan bahwa game mobile Mario Kart Tour yang dirilis Nintendo berhasil menjadi salah satu game mobile terpopuler, mengutip 9to5Mac. Baru dirilis seminggu yang lalu, game ini disebut sudah diunduh sebanyak 90 juta kali menurut data SensorTower.

    Kepopuleran Mario Kart Tour mengalahkan game mobile Nintendo lainnya seperti Animal Crossing: Pocket Camp yang diunduh sebanyak 14,3 juta kali, Super Mario Run 13 juta kali, dan Fire Emblem sebanyak 8,1 juta kali.

    Mario Kart Tour menwarkan game balapan ala Crash Team Racing. Meskipun dinilai menyajikan gameplay seru tapi game ini juga dikritik karena ditampilkan dalam mode potrait, tidak bisa landscape. Ditambah game ini belum mendukung mode multiplayer.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id