Ini Kecanggihan PSVR di PlayStation 5

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 Juli 2019 08:00 WIB
    Ini Kecanggihan PSVR di PlayStation 5
    Perangkat Sony PlayStation VR (PSVR).
    Jakarta: PlayStation 5 dipastikan sedang dalam tahap pembuatan. Untuk menyambut konsol generasi terbaru ini, Sony juga mempersiapkan aksesori terbaru untuk mendukung ekosistemnya. Termasuk di antaranya adalah PlayStation VR (PSVR).

    Bocoran yang baru saja beredar di internet mengungkap bahwa Sony sedang menyiapkan headset VR terbaru. Dari paten desain yang didaftarkan terlihat kecanggihan PSVR terbaru.

    Dikutip dari Inverse, kecanggihannya adalah kehadiran sensor pendeteksi gerakan atau posisi kepala serta pergerakan mata. Teknologi ini merupakan inovasi yang sudah dibicarakan sejak tahun lalu di industri virtual reality tapi masih terbilang mahal untuk dikembangkan.

    Kedua teknologi tersebut bakal membuat pengalaman menggunakan PSVR menjadi lebih immersive dan membuat pemain lebih aktif. Disebutkan bahwa sensor gyro bakal jadi kunci implementasi dua teknologi tersebut.

    Ini Kecanggihan PSVR di PlayStation 5

    Kemudian tingkat refresh rate dari panel layar di dalamnya juga bakal ditingkatkan menjadi 120Hz. Refresh rate yang lebih tinggi akan membuat gambar yang ditampilkan mengikuti kecepatan mata dalam menerima sebuah gambar.

    Efeknya, pengguna headset PSVR tidak akan merasakan pusing atau sakit kepala seperti biasanya. Seperti yang diketahui, problem utama pengguna perangkat VR adalah rasa pusing dan sakit kepala, meskipun menggunakannya hanya sebentar.

    Di sisi komponennya, PSVR terbaru akan menggunakan GPU yang lebih baik untuk menyajikan gambar berkualitas lebih tinggi. GPU ini juga akan mempersingkat proses loading atau rendering gambar, serupa seperti kemampuan terbaru PlayStation 5 yang sempat dipamerkan.

    Ini Kecanggihan PSVR di PlayStation 5

    Soal daya tahan, PSVR untuk PlayStation 5 bakal bisa bertahan hingga lima jam penggunaan. Memungkinkan lebih banyak konten virtual reality yang dihadirkan untuk ekosistem PSVR. Harganya diprediksi di kisaran USD250 atau Rp3,4 juta.

    Data terakhir di Maret 2019 dilaporkan penjualan PSVR generasi pertama mencapai 4,2 juta unit di seluruh dunia. Angka tersebut dicapai kurang dari tiga tahun sejak diluncurkan. Performa ini melebihi penjualan headset VR merek lain seperti Oculus Rift dan HTC Vive.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id