Laporan Baru Ungkap Kesulitan Pengembangan Stadia

    Lufthi Anggraeni - 27 Februari 2021 11:14 WIB
    Laporan Baru Ungkap Kesulitan Pengembangan Stadia
    Dua laporan terbaru mengungkap penyebab kegagalan Google dalam mengembangkan Stadia.



    Jakarta: Dua laporan mengungkapkan sejumlah kegagalan Google dalam membangun layanan gaming cloud miliknya, Stadia. Laporan yang dirilis beberapa pekan setelah Google mengumumkan penutupan studio pengembangan game Stadia.

    Menurut Wired, permasalahan utama pertama Google adalah bahwa investasi pada studio internal tidak setara dengan rencana yang dirancang untuk Stadia. Petinggi Stadia Phil Harrison mengumumkan studio Google Stadia Games and Entertainment pada Game Developers Conference pada tahun 2019.






    Namun, butuh waktu berbulan-bulan hingga Google akan mempekerjakan pengembang studio game dalam jumlah besar. Google menargetkan untuk mempekerjakan sebanyak 2.000 pengembang selama lima tahun untuk memproduksi game Stadia.

    Saat Stadia pertama kali diluncurkan, layanan Google ini masuk ke dalam berita utama meski masih dalam versi beta. Pengembang Stadia juga dilaporkan sepakat bahwa pegawai Stadia mengungkapkan kekhawatiran mereka bahwa teknologi tersebut terasa beta saat diluncurkan.

    Meski berfungsi dan dapat menyiarkan game dari cloud ke PC atau ponsel, Stadia masih belum dibekali sejumlah fitur yang dipamerkan pada kampanye pemasaran layanan ini sebelum resmi diluncurkan.

    Dua sumber yang dikutip juga menyebut bahwa Stadia tidak memenuhi ekspektasi internal pada tahun 2020. Informasi ini didukung oleh laporan Bloomberg, yang menyebut bahwa Google tidak mencapai target untuk Stadia terkait penjualan alat pengendali dan pengguna aktif bulanan sebanyak ratusan ribu.

    Google juga berusaha menarik perhatian pengguna sehingga beralih ke Stadia dengan membuat kesepakatan dengan penerbit untuk menghadirkan game seperti Red Dead Redemption 2, dengan nilai puluhan juta dolar. Google rupanya menghabiskan puluhan juta dolar AS per kerja sama. 

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id