Sony Ingin PS5 Tidak Mahal, Berapa Harganya?

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 Februari 2020 09:50 WIB
    Sony Ingin PS5 Tidak Mahal, Berapa Harganya?
    Pengumuman logo PS5. (Engadget)
    Jakarta: Sony hanya memberikan informasi bahwa PlayStation 5 (PS5) akan dirilis pada musim liburan tahun ini, yang diperkirakan pada momen Hari Natal di akhir Desember.

    Namun, belakangan ramai laporan bahwa Sony juga sedang berjuang membuat harga PS5 tidak meroket dan jauh lebih mahal dari PS4. Kabarnya hal ini tidak bisa dihindari akibat biaya produksi tinggi terkait komponen yang digunakan PS5.

    Dikutip dari berbagai sumber, komponen yang digunakan untuk proses produksi ternyata sedang dalam kondisi langka. PS5 dirumorkan bisa dibanderol di di atas USD450 atau sekitar Rp6,1 juta.

    Padahal, harga PS4 saat dirilis di tahun 2013 hanya berada di angka USD399 atau sekitar Rp5,4 juta dengan biaya produksi kisaran USD381 (Rp5,2 juta).

    Hal ini diakibatkan komponen seperti DRAM dan NAND flash memory harganya sedang tinggi sekali. Kedua komponen ini juga digunakan oleh perangkat smartphone. Jadi Sony harus berebut suplai dengan vendor smartphone.

    Diketahui bahwa saat ini vendor smartphone sedang berlomba menciptakan smartphone 5G. Perangkat dengan teknologi ini diklaim setidaknya harus menyediakan kapasitas RAM 128GB yang tentunya dibutuhkan kedua komponen tadi.

    Meskipun harga saat ini dilaporkan mahal tapi masih akan berubah jelas rilis. Banyak pihak menilai bahwa Sony biasanya akan menentukan harga final dari PS5 beberapa bulan setelah diperkenalkan ke publik. Saat ini bentuk dari PS5 juga masih misterius.

    Kompetitor mereka yaitu Microsoft Xbox sudah lebih dulu mengumumkan bentuk dari Xbox Series X. Namun desain yang tidak compact dari generasi sebelumnya membuat banyak gamer yang berharap kepada Sonny PS5.

    Pihak internal Sony yang dirahasiakan identitasnya mengaku bahwa perusahaannya sedang memantau kompetitor mereka. Mereka juga akan mencoba bersaing dari segi harga dengan Xbox.

    Apabila benar harga produksi PS5 sebesar USD45 maka kemugkinan harga jual PS5 di pasar akan mencapai USD470 atau sekitar Rp6,4 juta. Hal ini akan membuat gamer menunda untuk upgrade dari PS4 ke PS5.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id