PUBG Jadi Alat Komunikasi Kelompok Pencuri Uang Kripto

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Februari 2019 07:34 WIB
    PUBG Jadi Alat Komunikasi Kelompok Pencuri Uang Kripto
    Game PUBG.
    Jakarta: Meskipun uang kripto atau cryptocurrency nilainya disebut semakin melesu tapi usaha pencurian lewat peretasan layanan bursa uang kripto tidak ikut sepi. Baru ini pencurian dalam nilai besar terjadi di Turki melibatkan kelompok berisikan 24 orang pelaku.

    Dikutip dari media lokal Istanbul, Turki, Daily Sabah, telah terjadi pembobolan terhadap perusahaan uang kripto dengan nilai sebesar Turki Lira 13 juta atau setara USD2,47 juta (Rp34,9 miliar) pada tanggal 12 Februari lalu. Tim polisi siber langsung melalukan investigasi saat menerima laporan ini.

    Laporan ini dianggap serius karena nilainya yang besar dan dalam aksi penyergapan pelaku kepolisian Turki langsung melakukan bersamaan di delapan provinsi yaitu di Istanbul, Ankara, Izmir, Afyonkarahisar, Bursa, Edirne, Bolu and Antalya.

    Dari penyergapan terhadap 24 pelaku yang tertangkap dan tersebar ini terungkap bahwa mereka berkomunikasi untuk merencakan aksi tersebut menggunakan komunikasi di dalam game PUBG.

    Sayangnya, tidak diungkap secara jelas metodenya tapi kuat dugaan bahwa hal ini dilakukan untuk menghindari komunikasi mereka diketahui polisi siber.

    Aksi pencurian uang kripto ini tampaknya cukup tergorganisir. Kelompok tersebut dilaporkan mencuri beberapa jenis uang kripto sekaligus, di antaranya Bitcoin (BTC), Ethereum (RTH), dan Rippel (XRP). Penggunaan game sebagai alat tindak kejahatan siber bukan pertama kali.

    Beberapa waktu lalu terungkap bahwa game Fortnite jadi alat pencucian uang hasil peretasan atau penipuan kartu ATM lewat metode phishing dan scamming maupun carding.

    Jadi pelaku menggunakan isi kartu kredit korban untuk membeli item in-app dalam jumlah besar dengan akun game yang mereka telah mereka buat. Kemudian akun game tersebut dijual kepada gamer yang menginginkannya lewat forum online.

    SixGill menemukan akun-akun Fortnite yang dibuat oleh pelaku kejahatan siber. Salah satu kanal penjualan akun-akun itu adalah eBay. Dalam transaksinya, pelaku hanya menerima pembayaran lewat bank transfer atau PayPal.

    Apabila transksi sukses, maka pelaku akan mengirimkan email serta password akun Fortnite yang dijual. SixGill menyatakan bahwa cara penjualan ini sangat laris di eBay.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id