comscore

Horizon Forbidden West, Beban Dunia di Pundak Aloy

Mohammad Mamduh - 28 Maret 2022 21:42 WIB
Horizon Forbidden West, Beban Dunia di Pundak Aloy
Horizon Forbidden West.
Jakarta: Guerilla Games kembali meluncurkan game baru yang telah dinantikan penggemar konsol. Horizon Forbidden West merupakan salah satu game yang mendapat penilaian positif secara mayoritas.

Sebagai game eksklusif untuk PlayStation, ia memang mampu menghadirkan berbagai kejutan yang tidak disangka. Kejutan ini tentunya dalam hal positif.
Kami mungkin cukup terlambat dalam menerbitkan ulasannya, tetapi di tengah ramainya game baru, Horizon Forbidden West masih merupakan kewajiban untuk dimainkan.

Ini berlaku untuk mereka yang sudah bermain seri sebelumnya, atau baru ingin mencoba keseruan petualangan Aloy. Berikut review Horizon Forbidden West oleh redaksi teknologi Medcom.id.

Melihat timeline yang diambil, Horizon Forbidden West mengisahkan enam bulan setelah berbagai peristiwa yang muncul pada Horizon: Zero Dawn. Di sini kita kembali bertualang dengan Aloy, protagonis utama yang terlahir dengan nasib atau takdir yang mungkin tidak menyenangkan untuk banyak orang.

Horizon Forbidden West, Beban Dunia di Pundak Aloy

Untuk Aloy sendiri, perjalanan yang ia alami menjadi pelajaran penting, dan kini menjadi tanggung jawab atau mungkin beban di pundak Aloy. Petualangan kali ini membawanya ke wilayah Forbidden West, yang ternyata juga menyimpan banyak misteri dan mengagumkan. Tak sembarang nama, wilayah ini menggunakan nama Forbidden karena berbagai alasan, yang akan kami bahas belakangan. 

Satu hal yang menarik adalah penggambaran karakter Aloy yang kini lebih terlihat dewasa, walaupun masih egois. Sebenarnya, sifat egois ini lebih kepada dirinya yang tidak ingin menjadi beban atau membahayakan orang lain. Meskipun begitu, beberapa teman lama yang sudah paham Aloy tetap ingin membantu dan ikut masuk Forbidden West. Sebut saja Varl dan Erend, yang sudah kita kenal sejak seri pertama.

Beberapa kali Aloy bersikeras untuk menemukan apa yang ia cari sendirian, dan mereka tetap membantu Aloy. Selain itu, ada juga beberapa karakter baru yang punya sifat dan latar belakang unik, seperti Kotallo dan Alva. Penggambaran setiap karakter, baik dari desain maupun latar belakang ternyata cukup mendalam, membuat Aloy ingin membantu mereka menyelesaikan beberapa cerita khusus dalam side quest.

Horizon Forbidden West, Beban Dunia di Pundak Aloy

Mekanisme permainan pada dasarnya tidak berbeda dengan seri pertama. Guerilla Games menerapkan standar yang lebih tinggi dalam Horizon Forbidden West, sehingga permainan lebih dinamis. Menjelajah wilayah konsep dengan open world kini tak hanya cuma berlari atau mengendarai robot. Kini Aloy bisa menyelam dan meluncur di udara (gliding).

Ini berkat beberapa inovasi yang ia temukan sepanjang permainan, dan ini juga yang membuat permainan lebih dinamis. Selain menyelesaikan misi, Aloy tetap akan menemukan berbagai misteri di tengah perjalanan yang mungkin akan membuat perhatiannya teralihkan. Setidaknya itulah yang kami rasakan ketika menemukan bekas reruntuhan peradaban dahulu kala. Setiap reruntuhan ini menyimpan benda unik yang nantinya akan menghadirkan reward. 

Di dalam perjalanan tentunya Aloy akan bertemu dengan robot, atau yang biasa disebut machine. Beberapa hewan mesin dari seri sebelumnya kembali hadir di Horizon Forbidden West, ditambah dengan beberapa machine jenis baru yang punya kemampuan cukup menyulitkan.

Thunderjaw tetap menjadi hewan mesin dengan ukuran paling besar, disusul dengan Tremortusk yang mirip mammoth. Ada juga Slitherfang yang menyerupai ular besar. Hewan mesin seperti Leapslasher mungkin tak punya ukuran besar, tetapi ia sangat lincah dan bisa mempersempit jarak dengan Aloy secara cepat lalu melancarkan serangan.

Horizon Forbidden West, Beban Dunia di Pundak Aloy

Oleh karena itu, Aloy harus menyiapkan strategi yang tepat saat bertemu mereka. Jangan lupa untuk melakukan observasi demi mengetahui kelemahan setiap machine. Tak ketinggalan, ada satu faksi yang akan membuat Aloy kerepotan di awal. Jangan khawatir karena seiring dengan perkembangan permainan, Aloy punya cara untuk menghadapi mereka.

Beberapa persenjataan Aloy kini juga hadir dengan pembaruan. Busur masih menjadi senjata utama, kemudian disusul dengan blastsling yang berbentuk seperti ketapel. Tombak merupakan salah satu jenis senjata yang punya amunisi sedikit tetapi menghasilkan daya rusak yang cukup besar. Salah satu senjata favorit kami adalah boltblaster yang punya karakteristik seperti senapan otomatis.

Seringkali penggunaan beberapa senjata terhalang dengan mekanisme pergerakan Aloy yang mungkin cukup menyulitkan. Kami beberapa kali menemukan pergerakan Aloy yang seharusnya cukup lincah tetapi menjadi berat, dalam kondisi yang sama. 

Selain senjata, Aloy juga harus punya armor yang bagus. Baik senjata dan baju pelindung kembali terbagi dalam kategori berdasarkan kualitasnya, dari Common, Uncommon, Rare, dan Legendary.

Keduanya bisa ditempa demi meningkatkan daya serang, daya tahan, atau kemampuan spesial. Menempa juga bisa membuka slot yang bisa diisi coil atau weave untuk menghasilkan efek khusus. Ini juga memungkinkan Aloy menciptakan kombinasi senjata dan armor terbaik demi mengalahkan machine atau berbagai macam boss secara cepat. 

Setelah punya keduanya, barulah Aloy menempa kemampuan lewat skill tree yang kini telah dibagi ke dalam enam macam berdasarkan karakteristik yang pemain pilih. Namun, pada akhirnya Anda bisa membuka semua kemampuan ini, selama punya skill point yang cukup.

Horizon Forbidden West, Beban Dunia di Pundak Aloy

Satu fitur baru yang hadir dalam Horizon Forbidden West adalah kemampuan menyerang khusus yang memanfaatkan stamina senjata. Ada juga Valor, kemampuan pamungkas yang dapat meningkatkan statistik selama beberapa waktu, tergantung jenis senjata yang digunakan. Selain menghasilkan combo serangan yang lebih apik, kemampuan ini punya daya serang yang menjangkau lebih dari satu musuh. 

Dunia Horizon Forbidden West sangat luas, membuat pemainnya rela menghabiskan banyak waktu demi membuka semua wilayah. Selain pegunungan bersalju, Aloy juga akan menyambangi padang pasir yang ternyata merupakan reruntuhan kota Las Vegas.

Kemudian ada padang rumput luas yang merupakan wilayah suku Tenakh dan Utaru. Menyeberangi lautan akan mempertemukan Aloy dan suku Quen, semua dengan masalah dan benang merah masing-masing.

Horizon Forbidden West, Beban Dunia di Pundak Aloy

Semua wilayah juga menghadirkan penggambaran yang apik dengan detail lingkungan yang bagus. Dengan kualitas visual yang sangat mumpuni, Anda akan mengajak Aloy membuka semua misteri yang ada di Forbidden West. Indahnya dunia permainan ini membuat kami gemar mengambil screenshot setiap kali menemukan pemandangan yang indah.

Kesimpulan
Cerita semakin seru, ditambah dengan penokohan karakter yang apik, Horizon Forbidden West layak menjadi salah satu game terbaik yang meluncur sepanjang 2022. Hadir di awal tahun, ia mampu menghadirkan standar baru untuk konsep open-world, yang tidak tertutup kemungkinan ditiru pesaingnya.

Tampilan visual mumpuni dan berbagai hal yang membuat pemain penasaran merupakan keunggulan berikutnya yang membuat Anda harus membelinya. Kelemahan berupa mekanisme gerak Aloy yang mungkin cukup menyusahkan pada momen tertentu, seharusnya bisa menjadi tantangan tambahan gamer.
 
JUDUL:  Horizon Forbidden West
PLATFORM:  PS4, PS5
DEVELOPER:  Guerilla Games
PUBLISHER:  Sony Interactive Entertainment
RILIS:  18 Februari 2022
GENRE:  Action RPG
 
 
9.8
Horizon Forbidden West
Plus
  • Tokoh dan narasi yang apik
  • Plot cerita seru
  • Desain dunia dan visual bagus
  • Puzzle yang menarik
Minus
  • Animasi pergerakan karakter di momen tertentu


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id