PlayStation 5 Rilis 2020, Apa Saja yang Baru?

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 Oktober 2019 16:36 WIB
    PlayStation 5 Rilis 2020, Apa Saja yang Baru?
    Stik controller Sony PlayStation.
    Jakarta: Sony secara resmi mengumumkan tanggal rilis PlayStation generasi terbaru. Sesuai harapan, konsol generasi terbarunya diberi nama PlayStation 5. Meskipun tidak menyebutkan secara rinci, Sony akan merilis PlayStation 5 pada masa liburan 2020.

    Kabar ini disampaikan oleh Sony lewat blog resmi mereka. Pernyataan ini ditulis langsung oleh President & CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan. Tanggal rilis di musim liburan 2020 kemungkinan besar jatuh pada perayaan Natal di Desember 2020.

    Ryan menyebut bahwa PlayStation 5 tidak hanya membawa konsol dengan kemampuan baru tapi juga stik controller yang baru. Dia menyebutkan bahwa stik controller PlayStation 5 bisa memberikan sentuhan baru bagi pengalaman gaming.

    "Pertama kami menambahkan teknologi haptic feedback untuk menggantikan teknologi rumble (getar). Teknologi haptic akan memberikan sebuah feedback yang sangat berbeda dan luas," tulis Ryan.

    Dia mencontohkan pengalaman efek getar saat mobil di dalam game menabrak arena dan saat bermain game sepak bila akan berbeda. "Anda juga akan dapat merasakan beragam jenis teskturs misalnya saat berlari di padang rumput atau melalui tanah berlumpur," ujarnya.

    "Inovasi kedua adalah sesuatu yang kita sebut sebagai adaptive trigger yang berkaitan dengan tombol L2/R2," ungkap Ryan. Dia menjelaskan bahwa developer nantinya bisa mengembangkan sensitivitas di bagian tombol tersebut.

    Tujuannya untuk memberikan sensasi pengalaman bermain serta fungsi yang berbeda. Misalnya, saat tombol L2/R2 ditekan sedikit atau dalam maka akan berpengaruh terhadap tarikan mobil di arena balapan dan lainnya.

    Jadi berbeda dengan generasi sebelumnya. Tombol L2/R2 harus ditekan penuh atau dalam untuk berfungsi. Ryan menyebutkan teknologi keduanya bisa menghadirkan pengalaman bermain yang baru di PlayStation 5.

    Perihal spesifikasi lengkapnya Ryan tidak memberikan informasi sedikitpun. Dikutip dari IGN, controller terbaru di PlayStation 5 bakal bisa diisi menggunakan kabel USB-C dan memiliki kapasitas baterai lebih besar untuk daya tahan lebih lama.

    Informasi yang beredar menyebut bahwa PlayStation 5 akan menggunakan SSD untuk penyimpanan datanya termasuk di versi standar. PlayStation VR saat ini akan tetap kompatibel dengan PlayStation terbaru.

    Kemudian semua game yang dirilis untuk PlayStation 4 juga bisa dimainkan di PlayStation 5. Tidak ketinggalan, konsol terbarunya juga bisa mendukung pengalaman 3D audio dan televisi resolusi 8K.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id