PUBG Mobile Diblokir, Remaja di India Bunuh Diri

    Cahyandaru Kuncorojati - 07 September 2020 15:08 WIB
    PUBG Mobile Diblokir, Remaja di India Bunuh Diri
    Ilustrasi.
    Jakarta: Kasus bunuh diri akibat adiksi game di India terus bertambah. Terbaru, dilaporkan bahwa remaja berusia 21 tahun asa; Bengala Barat diduga gantung diri akibat frustasi tidak bisa bermain game PUBG Mobile yang memang sudah diblokir oleh pemerintah India.

    Empat hari lalu pemerintah India resmi memasukan PUBG Mobile dalam daftar gelombang kedua aplikasi Tiongkok yang diblokir. Hal ini merupakan buntut ketegangan politik kedua negara yang akhirnya India meyakini bahwa aplikasi buatan Tiongkok memata-matai warga negaranya.

    Dikutip dari situs India.com, remaja tersebut melakukan bunuh diri dengan cara gantung diri di tempat tinggalnya. Kondisi tersebut diketahui oleh sang ibu yang mencoba memanggilnya keluar dari kamar untuk menyantap sarapan yang sudah dibuat.

    Sang ibu akhirnya meminta tetangga untuk membobol pintu kamar anaknya karena dikunci. Dugaan bahwa sang anak nekat melakukan bunuh diri akibat frustasi ingin bermain game PUBG Mobile berasal dari sang ibu. Dia mengetahui anaknya kerap bermain game ini setiap malam.

    Meskipun begitu kepolisian setempat tidak begitu saja menyimpulkan dugaan penyebab remaja ini bunuh diri. Kasus ini sendiri terjadi dua hari setelah PUBG Mobile dinyatakan diblokir pemerintah India pada tanggal 3 September 2020.

    Hal ini menambah daftar panjag adiksi game pada remaja di India terhadap game PUBG Mobile yang berakibat pada aksi bunuh diri maupun kecelakaan. Jauh sebelum ada ketegangan politik dengan Tiongkok, pemerintah setempat di berbagai provinsi di India juga sudah melarang peredaran game ini.

    Data yang dikutip mengklaim bahwa India menyumbang sebanyak 24 persen atau 175 juta kali unduhan game PUBG Mobile dari total 734 juta kali unduhan yang dikumpulkan game tersebut hingga bulan Juni lalu. Artinya, jumlah gamer PUBG Mobile di negara ini cukup besar.
     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id