Tencent Belum Tentu Rugi jika PUBG Mobile Diblokir India

    Cahyandaru Kuncorojati - 30 Juli 2020 18:29 WIB
    Tencent Belum Tentu Rugi jika PUBG Mobile Diblokir India
    Ilustrasi.
    Jakarta: Aksi blokir aplikasi buatan Tiongkok oleh pemerintah dan masyarakat India terus bergulir. Game mobile sendiri ikut imbasnya meskipun ada yang masih selamat, misalnya PUBG Mobile. Apakah Tencent akan merugi apabila game miliknya diblokir di India?

    Kabar terbaru menyebutkan bahwa pemerintah India masih terus menambah aplikasi mobile buatan Tiongkok yang akan ikut diblokir, termasuk PUBG Mobile. Meskipun begitu Tencent dikabarkan tidak akan sepenuhnya merugi apabila kehilangan pengguna di India.

    Dikutip dari SCMP, perusahaan game Tiongkok diklaim bisa kehilangan basis gamer di India sebanyak 300 juta pemain, menurut data Statista untuk periode 2019. Hal ini dinilai tidak terlalu melukai bisnis perusahaan game asal Tiongkok seperti Tencent.

    "India hanya berkontribusi kecil terhadap pasar game global, sekitar satu persen dari nilai lebih dari USD150 miliar. Jadi pasarnya (India) bagi publihser game global besar masih tergolong kecil dampaknya," jelas peneliti di Bloomberh Intelligence, Matthew Kanterman.

    Data lain dari Sensor Tower menyebut bahwa jumlah unduhan PUBG Mobile di India saat ini menyentuh sekitar 180 juta kali atau mewakili 24 persen dari angka global dan diklaim hanya berkontribusi kecil terhadap pendapatan global Tencent.

    Di Tiongkok sendiri game PUBG Mobile versi lokal di sana, Peacekeeper Elite, jadi game dengan pendapatan paling banyak selama sembilan bulan sejak bulan September tahun lalu. Akibat pandemi Covid-19 game ini tercatat mengantongi pendapatan mencapai USD226 juta di bulan Mei, menurut data Sensor Tower.

    Perbandingannya dengan India, PUBG Mobile hanya menghasilkan pendapatan sekitar USD38,5 juta di negara tersebut hingga hari ini menurut data Sensor Tower. Jadi perusahaan game Tiongkok seperti Tencent tidak perlu takut apabila game mereka diblokir India.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id