Buat Game Tanpa Kemampuan Coding di Google Game Builder

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Juni 2019 14:36 WIB
    Buat Game Tanpa Kemampuan Coding di Google Game Builder
    Tampilan platform Google Game Builder.
    Jakarta: Google membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi game developer dan menciptakan game mereka sendiri. Semalam Google baru saja mengumumkan proyek awal platform yang bernama Game Builder.

    Perusahaan bernama Area 120 yang berada dalam inkubator Google diketahui merupakan tim yang berada dibalik pembuatan platform. Mereka selama ini dikenal menyediakan aplikasi dan tools yang memberikan edukasi mengenai coding.
    Kini di Google Game Builder siapapun bisa menciptakan game lebih mudah sekaligus menyenangkan tanpa menguasai kemampuan coding. Platform ini mengusung konsep drag-and-drop sehingga proses pembuatan game sama seperti bermain game.

    Efek visual di dalam Google Game Builder juga bisa dipilih dari opsi berkonsep card-based visual programming system. Semuanya tidak membutuhkan coding sehingga pengguna tinggal dipilih dan digunakan.

    Namun, Google Game Builder tetap memberikan fitur coding bagi mereka yang menguasai kemampuan tersebut untuk menciptakan efek visual lainnya. Syaratnya coding tersebut harus dibuat dalam bahasa pemrograman Javascript.

    Bagi mereka yang ingin melakukan coding Javascript, Google menyediakan form khusus. Di dalamnya tersedia fitur coding Javascript real-time. Jadi semua efek hasil coding bisa langsung terlihat.

    Dari video demo yang diperlihatkan, tampilan game di Google Game Builder mengusung model 3D yang menyerupai Minecraft. Penggunanya tidak hanya bisa menciptakan game buatan mereka sendiri, tersedia fitur kolaborasi di dalamnya.

    Jadi setiap penggunanya bisa bersama-sama membangun sebuah game bahkan secara simultan atau online bersama. Google juga menyebutkan bahwa tersedia ribuan model 3D yang bisa digunakan dalam katalog Google Poly yang bisa digunakan. Google Builder saat ini sudah bisa diunduh di layanan Steam.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id