Sony Ungkap Spesifikasi PS5, Bentuknya Masih Misteri

    Cahyandaru Kuncorojati - 19 Maret 2020 12:13 WIB
    Sony Ungkap Spesifikasi PS5, Bentuknya Masih Misteri
    Logo PlayStation 5.
    Jakarta: Semalam Sony akhirnya membeberkan spesifikasi dari konsol generasi terbarunya yaitu PS5 (PlayStation 5). Tagar #PS5Reveal ramai tapi justru berisi respon negatif. Alasannya, Sony hanya memberikan info spesifikasi tapi tetap merahasiakan bentuk konsol tersebut.

    Presentasi mengenai spesifikasi PS5 dilakukan oleh Lead Hardware PlayStation, Mark Cerny. Sama seperti kompetitornya, Xbox Series X, PS5 mengandalkan prosesor custom dari AMD. Konsol ini menggunakan AMD Zen 2 versi custom dengan delapan-core dengan performa 3,5GHz.

    Kartu grafisnya alias GPU juga masih menggunakan milik AMD versi custom. Komponen ini menggunakan arsitektur AMD RDNA2 yang menjanjikan perfroma rendering hingga 10,268 TFLOPs dengan 36 compute units dan performa 2,23GHz.

    Kapasitas RAM yang disediakan adalah 16GB GDDR6 dengan kapasitas penyimpanan berbasis SSD 825GB yang jadi kebanggaan Sony. PS5 dikalim punya kemampuan loading super cepat dibandingkan PS4 maupun kompetitornya.

    PS4 dan konsol generasi sebelumnya memang masih mengandalkan memori penyimpanan berbasis HDD. Dijelaskan bahwa penggunaan SSD di PS5 bisa memberikan bandwidth 5GBps dan loading time 2GB dalam waktu 0,27 detik.

    Jadi proses loading dan sejenisnya di dalam game menjadi sangat cepat. Beberapa waktu lalu Sony mengklaim bahwa game di konsol mereka akan hampir tidak memiliki waktu loading. Di PS4 yang masih menggunakan HDD tersedia bandwidth kisaran 50-100MBps dan loading time 20 detik untuk data 1GB.

    Cerny juga menyebutkan bahwa SSD yang terpasang menggunakan jenis NVMe SSD sehingga mendukung upgrade kapasitas. Namun, pengguna harus memiliki SSD dengan kemampuan yang sama seperti versi standar yaitu menyediakan kecepatan 5,5GBps.

    Selain itu tersedia dukungan koneksi USB hard drives alias memori eksternal untuk tambahan kapasitas. Mengingat kecepatan koneksi fitur ini akan lebih lambat ketimbang SSD yang terpasang maka USB hard drive ditujukan untuk memainkan game dari PS4.

    Kecanggihan dari PS5 terletak di teknologi AMD SmartShift yang diterapkan di prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU). Teknologi ini membuat CPU dan GPU secara pintar membagi performa masing-masing sesuai beban kerja atau game yang dimainkan.

    Jadi performa atau frekuensi dari CPU dan GPU yang disebutkan di atas bisa lebih tinggi atau boost clock. Disebutkan bahwa PS5 bisa menyajikan kualitas grafis yang nyata hampir sekelas PC. Cerny menyebutkan bahwa GPU di konsol ini juga menggunakan hardware accelerated ray-tracing AMD yang seperti diterapkan di PC.

    Ya, presentasi Sony semalam mengenai PS5 memang lebih banyak mengenai hal teknis. Tidak heran apabila banyak gamer yang kecewa bahkan dibuat bingung dengan kemampuan konsol generasi terbaru Sony tersebut. Mereka hanya penasaran bentuk dari PS5.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id