comscore

2 Minggu Dirilis, Diablo Immortal Raup Rp356 Miliar

Cahyandaru Kuncorojati - 20 Juni 2022 08:16 WIB
2 Minggu Dirilis, Diablo Immortal Raup Rp356 Miliar
Diablo Immortal.
Jakarta: Game mobile pertama dari franchise Diablo yaitu Diablo Immortal dari Blizzard Entertainment yang dirilis untuk Android dan iOS ternyata sudah mengantongi pendapatan yang besar dalam kurun waktu dua minggu setelah dirilis.

Kesuksesan ini berbanding terbalik saat rencana kehadiran game itu pertama diumumkan pada BlizzCon 2018. Saat itu penggemar franchise Diablo mencaci maki pihak Blizzard karena mereka lebih menantikan kehadiran Diablo IV.
Dikutip dari PocketGamer, laporan data AppMagic mengungkap bahwa pendapatan game Diablo Immortal sudah mencapai USD24 juta atau setara Rp356 miliar. Kesuksesan ini berhasil menyalip game mobile Blizzard terdahulu yaitu Hearthstone di tahun 2014.

Lebih rinci lagi, kontribusi pendapatan tersebut berasal dari pengguna di iOS yang mencapai USD13 juta dan Android sebanyak USD11,3 juta. Tidak diketahui berapa besar pendapatan yang diperoleh dari game Diablo Immortal di PC mengingat game ini juga hadir untuk platform tersebut.

Melihat data berdasarkan geografis, 43 persen pendapatan tersebut berasal dari kawasan Amerika Serikat dan 23 persen dari Korea Selatan, sisanya berasal dari Jepang, Jerman, dan Kanada.

Sayangnya, game Diablo Immortal belum menyediakan pilihan server Asia Tenggara di dalamnya sehingga belum diperoleh data pendapatan transaksi mikro dari game ini untuk kawasan tersebut. Asia Tenggara sendiri diakui banyak pihak sebagai pasar game mobile yang menguntungkan.

Namun melihat Diablo identik dengan gamer generasi terdahulu di era PC maka Blizzard harus bersaing dengan banyak game mobile saat ini. Diablo Immortal harus berhasil tidak hanya memikat pemain veteran franchise Diablo tapi juga generasi yang lebih muda.

Game Diablo Immortal menjadi game mobile dengan model free-to-play (F2P) gratis pertama dari Blizzard. Data AppMagic mengklaim per tanggal 17 Juni 2022 game tersebut sudah diunduh sebanyak 8,5 juta kali.

Game ini menawarkan konsep dungeon crawler dan hack & slash yang sama seperti franchise orisinal termasuk kualitas grafisnya. Blizzard tidak menggarap Diablo Immortal sendiri melainkan mempercayakan studio NetEase yang sudah terkenal lebih dulu di pasar game mobile.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id